Mohon tunggu...
Zahwa ummi fahrida
Zahwa ummi fahrida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Hallo everyone! This is my first time writing on a blog, it's nice to be able to greet viewers.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ilmu Sosial Humaniora: Penerapan Paradigma Integrasi dalam Ilmu Manajemen Pendidikan dan Penelitian Pendidikan

14 Juni 2024   10:43 Diperbarui: 14 Juni 2024   10:47 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ilmu Manajemn Pendidikan (IMP) merupakan bidang studi multifaset dan dinamis yang mengintegrasikan beberapa teori dan konsep dari bidang studi lain, termasuk Ilmu Sosial Humaniora ( ISH ). Paradigma terpadu IMP menekankan perlunya menghubungkan teori dan praktik serta menyeimbangkan banyak sudut pandang dalam perumusan kebijakan. 

ISH membantu peneliti dan pendidik dalam memahami fenomena pendidikan dari beberapa sudut pandang seperti berikut:

Perspektif psikologis : Memahami bagaimana individu belajar dan tumbuh dalam konteks pendidikan .

Perspektif historis: Memahami bagaimana sistem sistem pendidikan telah berkembang seiring berjalannya waktu.

Perspektif politik: Memahami bagaimana politik mempengaruhi sistem pendidikan dan kebijakan pendidikan. 

Perspektif ekonomi : Memahami bagaimana pendidikan berhubungan terhadap perekonomian dandan pasar tenaga pasar tenaga kerja.

Peran ISH dalam Memahami Konteks Pendidikan:

ISH menekankan betapa penting pendidik memahami konteks dimana pekerjaan mereka sedang dilakukan. konteks termasuk beberapa faktor seperti agama, politik, ekonomi, masyarakat, dan kehidupan sehari-hari yang berdampak negatif pada sistem pendidikan.

Pemahaman tentang konteks pendidikan sangat penting untuk: 

Menciptakan program pendidikan yang efektif: Hal ini harus dikembangkan dengan mempertimbangkan secara hati - hati konteks penerapannya.

Mengetahui lebih dalam perilaku peserta didik: Berbagai faktor kontekstual, seperti latar belakang sosial dan ekonomi, dapat berdampak negatif bagi mereka 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun