Ilmu Manajemn Pendidikan (IMP) merupakan bidang studi multifaset dan dinamis yang mengintegrasikan beberapa teori dan konsep dari bidang studi lain, termasuk Ilmu Sosial Humaniora ( ISH ). Paradigma terpadu IMP menekankan perlunya menghubungkan teori dan praktik serta menyeimbangkan banyak sudut pandang dalam perumusan kebijakan.Â
ISH membantu peneliti dan pendidik dalam memahami fenomena pendidikan dari beberapa sudut pandang seperti berikut:
Perspektif psikologis : Memahami bagaimana individu belajar dan tumbuh dalam konteks pendidikan .
Perspektif historis: Memahami bagaimana sistem sistem pendidikan telah berkembang seiring berjalannya waktu.
Perspektif politik: Memahami bagaimana politik mempengaruhi sistem pendidikan dan kebijakan pendidikan.Â
Perspektif ekonomi : Memahami bagaimana pendidikan berhubungan terhadap perekonomian dandan pasar tenaga pasar tenaga kerja.
Peran ISH dalam Memahami Konteks Pendidikan:
ISH menekankan betapa penting pendidik memahami konteks dimana pekerjaan mereka sedang dilakukan. konteks termasuk beberapa faktor seperti agama, politik, ekonomi, masyarakat, dan kehidupan sehari-hari yang berdampak negatif pada sistem pendidikan.
Pemahaman tentang konteks pendidikan sangat penting untuk:Â
Menciptakan program pendidikan yang efektif: Hal ini harus dikembangkan dengan mempertimbangkan secara hati - hati konteks penerapannya.
Mengetahui lebih dalam perilaku peserta didik: Berbagai faktor kontekstual, seperti latar belakang sosial dan ekonomi, dapat berdampak negatif bagi merekaÂ