Pada anak usia sekolah dasar umumnya memiliki perilaku dan pola makan yang kurang sehat, seperti jarang sarapan; mengonsumsi makanan tinggi gula, lemak, dan garam; kurang konsumsi sayur dan buah; kurang konsumsi air putih yang cukup, dan suka mengonsumsi jajanan sembarangan tanpa memikirkan bahan yang terkandung serta kebersihan makanannya. Padahal tahap pertumbuhan dan perkembangan usia sekolah dasar merupakan fase krusial yang harus menjadi perhatian dimana didalamnya termasuk pada perspektif gizi untuk perkembangan kognitif anak usia sekolah.
Berdasarkan latar belakang tersebut, Zahwa Hana Pertiwi, mahasiswa jurusan Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro yang tergabung dalam KKN Tim 1 Undip di Desa Simpar Kecamatan Bandar Kabupaten Batang, memberikan edukasi terkait pedoman gizi seimbang kepada anak-anak kelas 4 di SDN Simpar (25/01/2023) dan MII Simpar (21/01/2023).Â
Kegiatan ini dilakukan secara langsung dengan metode edukasi dan bermain. Edukasi berisi materi mengenai pengenalan pedoman gizi seimbang yang merupakan perubahan dari prinsip 4 sehat 5 sempurna, pengenalan 4 pilar dan 10 pesan gizi seimbang, pengenalan prinsip makan ‘isi piringku’, edukasi terkait ‘makan pelangi’ yaitu anjuran konsumsi beraneka warna sayur dan buah, dan diakhiri dengan permainan edukatif.
Terdapat dua macam permainan dalam kegiatan ini, yang pertama yaitu permainan isi piringku. Pada permainan ini, siswa diminta untuk menempelkan jenis-jenis bahan makanan berdasarkan pengelompokkan yang terdapat di dalam pedoman isi piringku. Setelah itu perwakilan siswa di setiap kelompok diminta mempresentasikan hasilnya di depan kelas. Sedangkan pada permainan kedua yaitu permainan membawa bola dengan 4 sumpit. Jumlah sumpit sebanyak 4 merepresentasikan 4 pilar gizi seimbang dimana bola dianalogikan sebagai individu yang ingin hidup sehat.
Â
Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan diikuti dengan penuh semangat oleh siswa kelas 4 baik di SDN Simpar maupun di MII Simpar. Harapannya dengan adanya kegiatan ini, siswa menjadi lebih tahu mengenai bagaimana perilaku dan pola makan yang benar sesuai dengan pedoman gizi seimbang, sehingga nantinya pertumbuhan dan perkembangan pada fase tersebut dapat berjalan dengan baik tanpa terjadi masalah gizi pada anak usia sekolah dasar
Penulis : Zahwa Hana Pertiwi
DPL : Prof. Dr. Hermin Pancasakti Kusumaningrum., S.Si., M.Si
Fakultas : Kedokteran
Program Studi : Ilmu Gizi
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI