Mohon tunggu...
Zahrotun Nisa
Zahrotun Nisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya memliki hobi olahraga yaitu olahraga pencak silat

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Seru dan Menyenangkan Ular Tangga Sebagai Solusi dan Media Pembelajaran Literasi Numerasi di SD N Burat

10 Desember 2024   08:16 Diperbarui: 10 Desember 2024   08:16 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Nama Anggota Kelompok
1. Zahrotun 'Nisa (232180090)
2. Isnawatun Nasyiroh (232180095)
3. Febrian Haninda Nabila Zahra (232180141)
4. Wahyu Putri Azani (242180252)

Wonosobo, Selasa 12 November pukul 11.00 WIB telah dilaksanakan pemberian solusi belajar berupa media pembelajaran yang diselenggarakan oleh Kelompok 12 Mata Kuliah Literasi Numerasi Prodi PGSD kelas B Universitas Muhammadiyah Purworejo di SD Negeri Burat.Kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan pemahaman siswa terhadap Konsep dasar matematika. Berpikir kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa melalui penyelesaian masalah. Mendorong kerja sama dan interaksi sosial antar siswa saat bermain. Dan diikuti oleh 13 siswa siswi kelas 5 SD Negeri Burat.Permainan ular tangga sendiri adalah permainan tradisional yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Dalam konteks pembelajaran, permainan ini dimodifikasi dengan menambahkan elemen edukatif berupa soal-soal numerasi. Setiap langkah yang diambil oleh pemain akan dihadapkan dengan pertanyaan atau tantangan terkait literasi numerasi, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.Soal-soal yang digunakan dalam permainan ini dapat bervariasi tingkat kesulitannya sesuai dengan kemampuan siswa kelas 5.
           Kegiatan dimulai dengan salam, perkenalan dan penjelasan mengenai cara bermain ular tangga ,sesi ini dibuka oleh semua Anggota prodi PGSD 3B kelompok 12, Selanjutnya, siswa diajak untuk mempraktekkan cara bermain ular tangga tersebut, sebelumya Anggota Kelompok 12 membagikan pion pion kepada siswa siswi SD Negeri Burat dapat dimulai dengan Siswa dibagi menjadi kelompok kecil untuk memainkan ular tangga. Setiap kali seorang siswa mendarat di kotak bertanda bintang, mereka harus menjawab soal angka yang telah disiapkan sebelumnya. Jika jawaban benar, mereka dapat melanjutkan langkah jika salah, mereka harus tetap di tempat sampai giliran berikutnya.Soal-soal yang digunakan dalam permainan ini dapat bervariasi tingkat kesulitannya sesuai dengan kemampuan siswa kelas 5. Misalnya:Jumlahan Soal: "Berapa hasil dari 25 + 17?"Pengurangan Soal: "Jika kamu memiliki 50 permen dan memberikan 15 kepada temanmu, berapa sisa permenmu?" Kegiatan ini disambut antusias oleh para siswa siswi  dan semakin bersemangat belajar dengan media pembelajaran tersebut, tidak hanya menambah semangat melainkan media pembelajaran ular tangga ini dapat menghilangkan bosan dalam kegiatan belajar mengajar di SD Burat ini.Salah satu siswi , menyatakan, "Pembelajaran berbasis ular tangga ini sangat     menyenangkan dan seeruu jadi saya tidak mengantuk saat belajar "Sementara itu, WaIi kelas SD Burat ini Nani  menyatakan"Ular Tangga ini semoga bisa menjadi solusi untuk anak anak kelas 5 di SD Burat ini"
         Kepala Sekolah SD Negeri Burat,Berharap agar media pembelajaran ini dapat bermanfaat dan diteruskan untuk media belajar mengajar agar anak anak bisa belajar dengan menyenangkan dan tidak monoton "Media pembelajaran  ular tangga ini semoga bisa diteruskan setelah ini untuk KBM di SD Burat ini, harapannya siswa dapat lebih paham dan lebih menyenangkan "ujar kepala sekolah.Kegiatan ditutup dengan ucapan terimakasih dan harapan harapan untuk kelas 5 di SD Burat dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

More information:
      febrianhaninda@gmail.com
zahrotunnisa143@gmail.com
waeisna521@gmail.com

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun