Di era globalisasi saat ini dunia industri manufaktur dan jasa mengalami peningkatan, oleh karena itu perusahaan dituntut untuk selalu berkembang supaya bisa terus bertahan dalam menjalankan usahanya.
Salah satunya adalah pentingnya pengukuran kerja didalam suatu perusahaan, karena sangat diperlukan untuk mengukur seberapa efektif dan efisien tingkat kinerja suatu bagian dalam perusahaan. Suatu perusahaan biasanya menginginkan waktu kerja yang sangat singkat dalam memenuhi target produksi agar dapat meraih keuntungan yang sebesar-besarnya. Semakin banyak waktu yang digunakan maka semakin boros biaya yang dikeluarkan.
Sebelum masuk ke penjelasan lebih dalam, terlebih dahulu kita mengenal apa itu pengukuran kerja ?Â
Pengukuran kerjaÂ
Pengukuran kerja adalah suatu aktivitas untuk menentukan waktu yang dibutuhkan oleh seorang operator yang memiliki kemampuan rata-rata dan terlatih baik dalam melaksanakan sebuah kegiatan kerja dalam kondisi dan tempo kerja yang normal.Â
Dalam penerapannya di suatu perusahaan, pengukuran kerja akan berinteraksi dengan berbagai ilmu lain didalam disiplin teknik industri untuk secara bersamaan mencapai keadaan optimal dari suatu sistem produksi dalam arti kata yang luas, yaitu sistem yang terdiri dari komponen-komponen manusia, bahan, mesin, peralatan dan uang.
Apa manfaat dari pengukuran kerja ?
Beberapa manfaat dari pengukuran kerja:
Untuk penjadwalan
Menjaga keseimbangan proses
Menetapkan tingkat penggunaan tenaga kerjaÂ