Mohon tunggu...
Zahra Zakina
Zahra Zakina Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

suka baca buku

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Bosan Pada Aktivitas Membaca ?

30 Desember 2023   09:19 Diperbarui: 30 Desember 2023   10:12 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto by( katadata.co.id )

Ketika kita melakukan apapun bahkan termasuk pada aktivitas yang paling kita sukai rasa bosan akan tetap muncul, ini karena kita selalu melakukannya berulang-ulang.

"Umumnya hal-hal yang kita ulangi setiap hari kemungkinan besar akan menimbulkan rasa bosan."

Tapi bosan bukan berarti akhir. Artikel ini akan bahas cara untuk lawan rasa bosan kamu pada aktivitas membaca,jadi disimak ya!. Ketika saya mulai merasa bosan pada aktivitas membaca saya, seringkali saya kembali membaca buku-buku yang alurnya ringan atau buku yang bersifat komedi, seperti buku-buku karya Raditiya Dika. Buku yang paling saya sukai adalah Ubur-Ubur Lembur dari judulnya saja sudah lucu bukan? saya sudah berulang-ulang kali membacanya.

Karena bukunya bersifat komedi saya jadi menikmatinya lalu setelah itu rasa bosan saya pun hilang. Dan cobalah juga untuk membaca buku di tempat yang berbeda, perubahan lingkungan dapat membuat pengalaman membaca kamu jadi menarik.

Tetapi pada beberapa kesempatan cara ini ternyata tidak juga berhasil saya masih merasa bosan jadi cara selanjutnya yang saya lakukan adalah berhenti membaca, loh kok berhenti membaca? Eitss bukan berhenti dan tidak membaca seterusnya tetapi berilah jeda untuk aktivitas membaca kamu sejenak. Lepaslah buku dan lakukanlah kegiatan-kegiatan lain yang menyegarkan baru setelah itu kembali ke buku dengan pikiran yang jauh lebih segar dan jernih.

Mungkin beberapa hari atau beberapa minggu, tidak apa-apa tidak usah merasa terbebani toh rasa bosan itu wajar dan manusiawi. Setelah beberapa waktu rasa rindu saya akan buku kembali muncul.

Bosan itu wajar jangan hanya karena rasa bosan semuanya selesai, rasa bosan itu akan hilang ketika kamu tahu bagaimana cara mengatasinya.

Nah itulah cara bagaimana mengatasi rasa bosan pada aktivitas membaca yang selalu saya lakukan, mungkin cara ini dapat kamu coba. jadi jika kamu merasa bosan tidak apa-apa tidak usah merasa terbebani.

Setiap kegiatan pasti memiliki momen bosan tetapi yang paling penting adalah bagaimana cara kita mengatasinya. Membaca buku seharusnya menjadi pengalaman yang menyenangkan jika aktivitas membaca buku menjadi kegiatan yang tidak menyenangkan cobalah cari solusi yang paling tepat. Jangan ragu untuk mencoba cara-cara yang saya sudah jelaskan. atau temukan cara yang unik agar aktivitas membacamu jadi jauh lebih menyenangkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun