Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Inovasi (KKN-T Inovasi) Kolaborasi IPB University dan Universitas Majalengka 2023 Â Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah sebagai salah satu wahana bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori-teori yang dimilikinya ke dalam sebuah wujud nyata pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa KKN memberikan pelatihan di desa Cikondang, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka, Jawa barat dalam beberapa tahapan untuk meningkatkan kapasitas dan kesejahteraan ekonomi desa cikondang. Program ini memiliki 2 sasaran yaitu Ibu PKK dan Masyarakat desa yang tertarik dengan bisnis.Â
Desa Cikondang memiliki banyak potensi dalam bidang UMKM yang salah satunya yaitu basreng. Basreng tersebut diolah oleh ibu PKK dan nantinya dipasarkan pada warung- warung dengan sistem consign. Basreng yang dibuat oleh ibu PKK Desa Cikondang memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan basreng yang dijual pada umumnya. Melihat potensi basreng ini dapat dipasarkan ke luar Desa Cikondang maka mahasiswa KKN-T IPB University bersama Universitas Majalengka berinisiatif untuk membantu UMKM lokal dan memperluas jangkauan pasar melalui digitalisasi.Â
Program pelatihan peningkatan kapasitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah upaya untuk memberikan dukungan dan bimbingan kepada pemilik UMKM agar dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan daya saing bisnis. Program ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM agar dapat lebih berkembang, menghadapi tantangan pasar yang kompetitif, serta meningkatkan kontribusi ekonomi lokal
Pelaksanaan Sosialisasi peningkatan kapasitas UMKM yang bertujuan kepada seluruh masyarakat desa cikondang yang tertarik dengan bisnis pada tanggal 22 Juli 2023 di Balai Desa Cikondang. Sosialisasi dilaksanakan dengan pemaparan materi Entrepreneurship yang disampaikan oleh Dosen Universitas Majalengka. Tanggal 25 Juli dilanjutkan tahapan pelatihan penyusunan profil desa dan pembuatan NIB disampaikan oleh mahasiswa KKN kepada Ibu PKK pembuat Basreng. Tahapan Terakhir di tanggal 29 Juli 2023 Pemaparan materi strategi pemasaran dengan memanfaatkan teknologi guna meningkatkan pangsa pasar, Sosialisasi PIRT, Sertifikasi Halal, Pembuatan akun e-commerce, serta pembuatan laporan keuangan.
Harapan dari dilaksanakan program ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat Desa Cikondang dalam melakukan promosi produk guna meningkatkan penjualan produk, meningkatkan pangsa pasar, dan memperkuat keberlanjutan usaha dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital seperti sosial media dan e-commerce.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H