Kondisi di Indonesia saat ini, dapat diidentifikasi dengan melihat sikap dan perilaku warga negara Indonesia yang tercermin dalam sikap setiap harinya. Salah satu permasalahannya seiring dengan adanya globalisasi membuat berbagai budaya asing masuk dengan bebas, sehingga mengakibatkan berbagai perilaku yang tidak baik, seperti narkoba, tidak sopan pada orang lain, dan mulai hilangnya jati diri bangsa.
Maka dari itu diperlukan adanya penanaman nilai nilai pancasila pada setiap peserta didik melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter adalah usaha untuk mendidik siswa untuk membuat keputusan dan memperhatikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan sekitar.
Dalam pendidikan karakter ditentukan oleh tiga hal: mengetahui, perasaan moral yang moral, dan perilaku moral. Dengan tujuan untuk membangun bangsa yang kuat, kompetitif, moral, berbudi, akhlak mulia baik, toleransi, bekerja sama, semangat patriotik, berkembang dinamis, ilmu pengetahuan dan teknologi yang berorientasi dengan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.Â
Melalui acculturation dan pendidikan pemberdayaan karakter bangsa dapat ditanamkan, disosialisasikan, ke dalam jiwa dan kepribadian siswa sehingga mereka dapat menumbuhkan nilai-nilai Pancasila dengan menekankan pendidikan sekolah, budaya dan komunitas masyarakat dengan kognitif, afektif, psikomotor, sosial.
Pendidikan Pancasila memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan moral peserta didik di Indonesia yang sudah selayaknya diterapkan sejak di tingkat Sekolah Dasar.
sumber:
Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azzahro, T. A., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter. Gema Keadilan, 9(3), 186-198.
Asrori, M. A. R. (2016). Integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter dan budaya bangsa yang berbasis pada lingkungan sekolah. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(1).
Zhahira, M. A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Sebagai Upaya Penanaman Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(3), 79-85.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H