Kediri – Mahasiswa KKN Kelompok 71 dari IAIN Kediri sukses mengadakan workshop branding & marketing bertema “Pendayagunaan Inovasi dengan branding dan marketing melalui action yang progresif” yang berlangsung pada 3 Agustus 2023 di desa Banaran.
Workshop Branding dan marketing yang diselenggarakan oleh KKN Kelompok 71 IAIN Kediri dihadiri lebih dari 26 pelaku UMKM desa Banaran. Workshop ini turut dihadiri oleh Kepala Desa Banaran Catur Wasono, staff koperasi dan usaha mikro Khisbul Autat dan Okky Ali Mustofa sebagai pembicara dalam workshop ini.
Workshop yang berlangsung offline ini dipandu oleh Choirum Zatul Aini yang dilaksanakan di Balaidesa Banaran, Kandanagn, Kediri, Kamis (3/8/2023).
Dalam materinya Khisbul Autat menyampaikan bahwa pentingnya branding pada UMKM yaitu sebagai pembeda, promosi dan daya Tarik, membangun citra keyakinan jaminan kualitas dan prestise, dan juga sebagai tempat pengendalian pasar. Tuturnya juga dalam workshop ini adalah perizinan usaha saat ini sangat dipermudah sejak diterbitkannya PP 24 Tahun 2018 pada tanggal 21 Juni 2018 tentang pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik, aplikasi OSS mulai hadir untuk melayani perizinan usaha secara daring.
Dalam kesempatan ini juga Okky Ali Mustofa menyampaikan terkait digital marketing melalui platform tiktok shop. Ia menjelaskan juga terkait bagaimana tahapan untuk mengaktifkan tiktok shop sehingga dapat menarik minat pembeli.
Di lain sisi, Catur berharap dengan dilaksanakannya workshop ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan baru, dan juga mulai mengembangkan usahanya dengan branding dan marketing.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H