Peran Penting Seorang Digital Marketer
Keberhasilan dalam berbisnis adalah Sesuatu yang diidam-idamkan bagi setiap pengusaha. Dalam bisnis digital, maraknya perusahaan yang melangkah pada penggunaan strategi digital marketing ini menjadikan dalam dunia digital marketing turut mengalami persaingan. Sehingga, penting adanya suatu perusahaan memiliki tenaga ahli dalam bidang digital marketing, dengan tujuan agar perusahaan mampu bersaing dan mendapatkan tempat pertama pada search engine digital.
Seorang digital marketer menjadi kunci untuk keberhasilan penerapan strategi digital. Seorang digital marketer bertanggung jawab untuk mempromosikan produk atau jasa dalam platform digital dengan berpaku pada tujuan bisnis yang ingin dicapai. Adapun beberapa tugas dan peran seorang digital marketer dalam menangani suatu bisnis terurai sebagai berikut:
- Analisa Pasar
- Analisa pasar terdiri atas tiga komponen yaitu, industri, target pasar dan kompetitor. Analisa ini penting dilakukan untuk menjadi dasar pengukuran dan pengambilan keputusan atas strategi bisnis yang akan dilakukan.
- Perencanaan Strategi Pemasaran Digital
- Perencanaan strategi bisnis adalah proses merumuskan dan menyeting agenda tentang bagaimana aktivitas promosi binis dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Pada bisnis yang tergolong baru dirintis, dalam perencanaan strategi terdapat banayak hal yang harus disiapkan, mulai dari brand identity, pemilihan platform, konten pilar dan hal-hal dasar lainnya. Pada proses ini juga penting untuk membuat key performance indicator (KPI) agar nantinya agenda dapat dievaluasi dnegan baik.
- Optimasi Platform dan Mesin Pencari (SEO)
- Adanya persaingan bisnis menjadikan optimasi platform dan SEO sangat diperlukan dalam strategi bisnis digital. Persaingan antar Brand untuk mendapatkan tempat di laman digital menjadi salah satu faktor utama Brand dikenal dan mendapatkan perhatian banyak orang.
- Mengelola Periklanan dan Konten Promosi
- Iklan dan promosi menjadi hal yang wajib ada dalam digital marketing. Ini adalah cara untuk perusahaan bisa berbicara dan menyampaikan pesan pada target pasarnya. Iklan dan konten promosi berbentuk konten visual yang dapat berbentuk vidio, gambar, maupun bentuk lain yang bisa dinikmati oleh mata.
- Mengolah Sosial Media
- Setiap media memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda-beda. Sehingga, untuk mencapai keberhasilan digital marketing, peursahaan melalui digital marketer harus mengelola dan melakukan optimasi pada setiap platform media yang dipakai.
Urgensi-urgensi tersebut, memberikan makna peran penting seorang digital marketer yang kompeten dalam mengurusi bisnis digital.
Lalu, Bagaimana Cara Memilih Seorang Digital Marketer yang Kompeten Pada Bidangnya?
Memilih seorang digital marketer yang kompeten sangat diperlukan dalam mencapai keberhasilan bisnis digital. Seorang digital marketer yang handal memiliki pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman yang baik dalam berbagai aktivitas bisnis digital. Mulai dari penentuan stratgei yang tepat, optimasi dan evaluasi yang baik untuk keberlanjutan perkembangan bisnis digital.
Perusahaan ataupun pencari jasa digital marketer dimudahkan dalam mencari dan memilih seorang digital marketer. Pasalnya saat ini sudah ada BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dan berbagai LSP yang melayani untuk pengujian sertifikasi kompetensi berbagai profesi termasuk digital marketing. Adanya badan dan lembaga tersebut tentu memudakan perushaana dalam memilih seorang digital marketer. Begitu pula bagi seorang yang memilih berkecimpung dalam dunia bisnis dan ingin menjadi seorang digital marketer, dan profesi lainnya. bahwa penting adanya untuk melakukan sertifikasi digital marketing.
Kunjungi Lembaga Sertifikasi Profesi terlisensi BNSP - LSP Teknologi Digital https://lspdigital.idÂ
Peran Penting Sertifikasi Profesi
Sertifikasi profesi adalah pengakuan resmi yang diberikan oleh badan otoritatif di suatu bidang, yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang relevan dalam pekerjaannya. Mengikuti sertifikasi profesi telah menjadi suatu keharusan untuk mendapatkan validasi jasa atas profesi tersebut. Adapun keuntungan yang didapatkan lainnya dengan mengikuti sertifikasi profesi ini yaitu:
- Mengembangkan ketrampilan dan pengetahuan
- Sertifikasi profesi memberikan kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan. Hal ini karena program sertIfikasi telah terancang dengan baik untuk bisa memberikan bekal dan latihan secara intensif dan bahan studi yang komprehensif sehingga mampu menciptakan profesi yang handal dan lolos dalam capaian keberhasilannya.
- Meningkatkan peluang karier.
- Sertifikasi profesi akan memberikan nilai plus dan lebih direkomendasikan untuk direkrut karena dinilai telah memenuhi syarat sebagai seolah ahli dan suatu profesi. Saat ini, banyak pula perusahaan yang mengutamakan karyawan yang memiliki sertifikasi karena dianggap kompeten dan tervalidasi.
- Mendapatkan standar profesional yang tinggi.
- Badan sertifikasi tentu saja memiliki etika dan kode etik tertentu sehingga mereka yang mengikuti program sertifikasi akan mematuhinya dan mempraktikkan dengan baik dan sesuai prosedur atas praktik dan latihan studi yang dirancangkan. Hal ini tentu saja menambah nilai profesionalitas.
Kunjungi Lembaga Sertifikasi Profesi terlisensi BNSP - LSP Teknologi Digital https://lspdigital.idÂ
Kesimpulan
Berdasarkan pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa dalam mencapai kesuksesan dalam penerapan stsartegi digital marketing. perusahaan haruslah mencari seorang digital marketer yang kompeten dalam bidangnya. Sebagai salah satu profesi, ahli digital marketer yang kompeten bisa dilihat dari sertifikasi profesinya. Digital marketer yang bersertfikasi dijamin akan kemampuan dan pengetahuannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H