Di tengah perkembangan teknologi dan informasi yang pesat, minat baca di kalangan anak-anak, terutama di tingkat dasar, semakin menjadi perhatian. Anak-anak saat ini lebih sering terpapar media digital, yang seringkali mengalihkan perhatian mereka dari buku cetak. Oleh karena itu, sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang mendorong kecintaan terhadap membaca di kalangan peserta didik.
Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah (MI) merupakan fase yang krusial dalam perkembangan literasi peserta didik. Di usia ini, mereka mulai membentuk kebiasaan belajar yang akan berdampak pada pendidikan mereka di masa mendatang. Namun, banyak peserta didik yang masih kurang tertarik untuk membaca, sehingga kemampuan literasi mereka tidak berkembang dengan optimal.
Menyadari hal ini, berbagai upaya perlu dilakukan untuk meningkatkan minat baca. Kegiatan literasi yang menyenangkan dan interaktif menjadi salah satu solusi efektif untuk menarik perhatian peserta didik. Melalui program “Membaca Buku Seru” yang dilaksanakan pada tanggal 27 September 2024, peserta didik tidak hanya belajar untuk membaca, tetapi juga merasakan manfaat dan kesenangan dari membaca itu sendiri.
Program MBS bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik, mengembangkan keterampilan literasi dasar, mendorong kreativitas melalui kegiatan membaca, dan memperkenalkan berbagai jenis buku dan bahan bacaan serta memanfaatkan perpustakaan yang sudah ada.
Dalam upaya meningkatkan minat baca di kalangan peserta didik kelas 5 MI Nurul Ummah Tawangsari, Mahasiswa PPL Mandiri PGMI INISNU Temanggung meluncurkan program "Membaca Buku Seru". Program ini dirancang untuk menumbuhkan kecintaan terhadap buku dan membentuk kebiasaan membaca yang positif di kalangan peserta didik. Adapun beberapa elemen kunci dari program ini; pertama, program ini dimulai dengan pemilihan buku-buku yang menarik dan relevan dengan minat peserta didik.
Buku-buku fiksi, serta buku cerita rakyat dipilih untuk memenuhi ragam selera dan minat peserta didik. Dengan variasi ini, peserta didik diharapkan dapat menemukan buku yang membuat mereka antusias untuk membaca. Kedua, setelah sesi membaca, peserta didik diajak untuk berdiskusi dan berbagi cerita tentang buku yang mereka baca.
Kegiatan ini mendorong peserta didik untuk berinteraksi dan saling bertukar pendapat, serta meningkatkan kemampuan berbicara dan berpikir kritis. Diskusi ini juga membantu peserta didik memahami sudut pandang yang berbeda. Dan ketiga, peserta didik diberi arahan untuk memanfaatkan teknologi, peserta didik diberikan arahan untuk mengakses ke e-book dan aplikasi baca digital saat di rumah masing-masing. Peserta didik dapat membaca di perangkat mereka sendiri, menjadikan kegiatan membaca lebih fleksibel dan sesuai dengan gaya hidup mereka. Ini juga membantu peserta didik yang lebih nyaman dengan teknologi.
Program "Membaca Buku Seru" di kelas 5 MI Nurul Ummah Tawangsari diharapkan dapat menjadi langkah efektif dalam meningkatkan minat baca peserta didik. Dengan menyediakan berbagai aktivitas yang menarik dan melibatkan semua pihak, peserta didik tidak hanya akan mengembangkan kemampuan membaca, tetapi juga mencintai dunia literasi. Mari kita dukung generasi muda kita untuk menjelajahi dunia melalui buku.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H