Pertumbuhan dan pembangunan UMKM sering diartikan sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi nasional. Perhatian pada pengembangan UMKM memberikan makna tersendiri dalam upaya menekan angka kemiskinan suatu negara.Â
Daya saing antar UMKM berpengaruh signifikan terhadap peningkatan produktivitas dan memperluas akses pasar dan hal ini akan mempengaruhi peningkatan omset penjualan dan profitabilitas UMKM.Â
Secara umum, di Indonesia banyak UMKM yang masih kurang memperhatikan aspek pemasaran padahal banyak bukti yang menunjukkan bahwa pemasaran merupakan aspek terpenting dalam menjalankan usaha.
Mahasiswa KKN Tematik Undip membantu pengembangan perekonomian UMKM binaan Undip dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan, ibu Dr. Heni Rizqiati, S. Pt., M. Si. yang berlokasi di Kelurahan Pedurungan Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.Â
Mahasiswa mencanangkan program Edukasi Mengenai Penggunaan scan barcode untuk dapat meningkatkan penjualan Produk UMKM Dapur Zea.
Kemajuan dan kemudahan teknologi dirasa sangat membantu para UMKM untuk dapat memanfaatkannya sebagai salah satu media pemasaran yang tepat. Penggunaan scan barcode yang bertujuan untuk mempermudah para konsumen dalam memberikan ulasan terhadap produk yang mereka beli dari UMKM Dapur Zea dapat membantu meningkatkan kepercayaan para calon konsumen dan dapat meningkatkan permintaan produksi produk UMKM Dapur Zea Semarang. Hal ini merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memberikan inovasi baru untuk aspek pemasaran.
Penulis: Zabrina Putri Paramandita
Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H