Mohon tunggu...
Zabidi Mutiullah
Zabidi Mutiullah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Concern pada soal etika sosial politik

Sebaik-baik manusia, adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Modifikasi Kendaraan Bermotor

21 Januari 2024   08:56 Diperbarui: 21 Januari 2024   09:11 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambaran Beberapa Motor Hasil Modifikasi. Sumber Foto Kompas.com/Otomania/Setyo Adi

Terus terang saya suka senyum, dan kalau boleh ketawa ngakak akan saya lakukan, ketika menjumpai anak-anak remaja pakai motor knalpot brong. Sungguh sangat lucu. Disamping juga pasti mengganggu.

Itu anak-anak remaja, atau siapapun orangnya, tentu kurang paham fungsi kendaraan. Dikiranya, satu model bisa untuk semuanya. Mungkin, kalau punya mobil jenis Touring Offroad Adventure, akan dipakai harian di jalan perkotaan.

Bolehkah melakukan modifikasi terhadap kendaraan yang kita miliki..? Ya boleh. Bahkan pada kondisi tertentu bisa jadi amat di perlukan. Dan pastinya, modifikasi kendaraan tak ada yang melarang.

Baik terhadap bodi, interior, eksterior, jok, lantai, kapasitas mesin, kaki-kaki dan sebagainya. Tapi ya harus sesuai peruntukan dan kondisi jalan. Jangan sembarangan. Kalau maksa pasti bermasalah. Entah di tangkap polisi, atau di semprot warga sekitar.

Pengamanatan saya, modifiksi kendaraan ada hubungan dengan keperluan atau kebutuhan. Maunya pemilik gimana..? Ya sesuaikan saja. Apakah buat dipakai harian, kontes, ajang balap atau apa..?

Kalau harian, yang dibutuhkan adalah kenyamanan. Modifikasi kendaraan bisa dilakukan paling tidak untuk sektor kaki-kaki dan jok. Bagi yang suka nyetir sambil menikmati musik, lakukan juga modifikasi audio.

Jika ingin lebih aman, modifikasi kendaraan harian mengarah ke bagian indikator kecepatan, lampu tanda pindah jalur kanan kiri dan muka belakang, part-part pengereman atau hal lain yang sejenis dengan itu.

Ada juga yang pakai rotator. Tapi kalau kendaraan pribadi yang tidak ada hubungan dengan dinas atau klub yang sudah punya ijin, sebaiknya tak perlu. Jikapun terpaksa, hidupkan rotator saat betul-betul mendesak.

Modifikasi buat kontes. Yang ini, kenyamanan kendaraan biasanya tersisihkan. Bahkan pada skala tertentu keamanan tak diperhatikan pula. Mengapa, karena yang dibutuhkan adalah keindahan. Atau sedap dipandang mata sesuai kriteria yang di syaratkan oleh panitia.

Mau yang paling ceper, unik atau nyeleneh..? Maka tak heran, pada kendaraan kontes, terdapar part kendaraan vital justru tak di perlukan. Misal spion yang harus di copot demi mengejar point atau nilai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun