14. SEL (Sosial-Emotional Learning) dan CASEL (Collaborative Academic Social Emotional Learning)
Sosial-Emotional Learning (SEL) adalah pendekatan pendidikan yang berfokus pada pengembangan keterampilan sosial dan emosional siswa untuk mendukung kesejahteraan mereka secara keseluruhan. SEL bertujuan membantu siswa mengenali dan mengelola emosi, membangun hubungan yang sehat, membuat keputusan yang bertanggung jawab, dan mengembangkan empati. Pendekatan ini penting untuk memastikan siswa tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga mampu menghadapi tantangan sosial dan emosional di dunia nyata.
Salah satu organisasi terkemuka yang mempromosikan dan mengembangkan kerangka kerja untuk SEL adalah CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning). CASEL telah menjadi acuan global dalam mengintegrasikan pembelajaran sosial-emosional ke dalam sistem pendidikan.
Pengertian Sosial-Emotional Learning (SEL)
Menurut CASEL, SEL adalah proses di mana anak-anak dan orang dewasa:
1. Memahami dan mengelola emosi mereka.
2. Mencapai tujuan positif.
3. Menunjukkan empati kepada orang lain.
4. Membentuk dan mempertahankan hubungan yang sehat.
5. Membuat keputusan yang bertanggung jawab.
Proses ini bertujuan untuk menciptakan individu yang mampu beradaptasi dengan lingkungan sosial, menghadapi tantangan emosional, dan menjalin hubungan yang bermakna.