13. Isu-Isu Sosial Emosional di Sekolah Dasar: Bullying, Masalah Disiplin, dan Interaksi Sosial
Sekolah dasar adalah fase penting dalam perkembangan anak, tidak hanya dalam aspek akademik, tetapi juga sosial-emosional. Pada usia ini, anak-anak belajar mengenali emosi, membangun hubungan sosial, dan memahami norma-norma perilaku. Namun, berbagai isu sosial-emosional sering muncul dan memengaruhi kesejahteraan serta perkembangan anak. Beberapa isu yang umum terjadi di sekolah dasar meliputi bullying, masalah disiplin, dan kesulitan dalam interaksi sosial.
1). Bullying di Sekolah Dasar
Bullying adalah salah satu isu sosial-emosional yang paling umum terjadi di sekolah dasar. Bullying dapat berupa kekerasan fisik, verbal, emosional, atau bahkan sosial. Anak-anak yang menjadi korban bullying sering merasa tidak aman, cemas, dan kehilangan motivasi untuk belajar.
Penyebab Bullying
- Kurangnya Pengawasan: Ketika anak-anak tidak diawasi dengan baik, perilaku intimidasi lebih mungkin terjadi.
- Kurangnya Pendidikan Emosional: Anak-anak yang belum memahami cara mengelola emosi seperti marah atau frustrasi mungkin menyalurkannya melalui perilaku agresif.
- Lingkungan Sosial yang Tidak Sehat: Pola asuh yang keras atau kekerasan di rumah dapat memengaruhi perilaku anak di sekolah.
Dampak Bullying
- Korban: Anak-anak yang menjadi korban bullying dapat mengalami penurunan kepercayaan diri, depresi, kecemasan, dan prestasi akademik yang buruk.
- Pelaku: Anak-anak yang melakukan bullying juga menghadapi risiko jangka panjang, seperti kesulitan membangun hubungan sosial yang sehat dan potensi masalah hukum di masa depan.
- Lingkungan Sekolah: Bullying menciptakan suasana sekolah yang tidak kondusif, memengaruhi kesejahteraan semua siswa.