Mohon tunggu...
Yuyun Srimulyati
Yuyun Srimulyati Mohon Tunggu... Guru - Guru, Pelatih Daerah/trainer PPKB Kemenag RI bidang profesional 2 (Publikasi Ilmiyah), pegiat literasi, public relation

Hobi yang baru saja menggeliat dan menantangku yaitu MENULIS karena terinspirasi para kompasianer, kumainkan jemari di pojok kompasiana, terjebak di ruang kolaborasi komunitas KAUSAKu4NKRI, berawal dari kepenasaran maka akhirnya Practice Makes Perfect basmalah ikuti langkah Kuntowijoyo menulis, menulis dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran yang Berkualitas, Kunci untuk Mencapai Pendidikan yang Berkualitas

11 Juli 2024   21:26 Diperbarui: 11 Juli 2024   21:30 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tema belajar di komunitas KAUSAKu4NKRI (terdaftar di Platform Merdeka Mengajar) kali ini dengan pertanyaan pemantik dari  founder (kang Asep Gunawan, M.Pd.I.) "Apa yang dimaksud dengan Pembelajaran Berkualitas?". Dan inilah bahasannya.

 Pendidikan merupakan pilar fundamental dalam membangun bangsa yang maju dan sejahtera. Di Indonesia, tujuan pendidikan nasional telah digariskan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tujuan ini mencakup pengembangan potensi peserta didik, penanaman nilai-nilai Pancasila, dan persiapan peserta didik untuk menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Mencapai tujuan-tujuan mulia tersebut membutuhkan fondasi yang kokoh, yaitu pembelajaran yang berkualitas. Pembelajaran berkualitas bukan hanya tentang penyampaian materi pelajaran, tetapi juga tentang menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan bermakna bagi peserta didik.

Dalam tulisan ini saya akan menyelami  hubungan erat antara pembelajaran berkualitas dan tujuan pendidikan nasional. Saya akan membahas bagaimana pembelajaran yang berkualitas dapat mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional, serta bagaimana kita dapat mewujudkan pembelajaran berkualitas di Indonesia.

1. Memahami Tujuan Pendidikan Nasional

Sebelum membahas hubungannya dengan pembelajaran berkualitas, penting untuk memahami terlebih dahulu tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam UU Sisdiknas 2003.

Berikut adalah beberapa poin pentingnya:

  • Mengembangkan potensi peserta didik: Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan seluruh potensi peserta didik, baik intelektual, spiritual, emosional, sosial, maupun fisik.
  • Menanamkan nilai-nilai Pancasila: Pendidikan harus menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada peserta didik, seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial.
  • Mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab: Pendidikan harus mempersiapkan peserta didik untuk menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab, yang mampu berpartisipasi aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

2. Hubungan Pembelajaran Berkualitas dengan Tujuan Pendidikan Nasional

Pembelajaran berkualitas memiliki peran yang krusial dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Berikut adalah beberapa penjelasannya:

  • Mengembangkan potensi peserta didik: Pembelajaran berkualitas berpusat pada peserta didik dan memberikan mereka kesempatan untuk belajar secara aktif dan kreatif. Hal ini memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka secara maksimal.
  • Menanamkan nilai-nilai Pancasila: Pembelajaran berkualitas dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada peserta didik melalui berbagai metode dan strategi pembelajaran. Contohnya, melalui pembelajaran kolaboratif, diskusi kelas, dan proyek-proyek yang bermakna.
  • Mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab: Pembelajaran berkualitas dapat mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab dengan mengajarkan mereka tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta bagaimana berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

3. Mewujudkan Pembelajaran Berkualitas di Indonesia

Mewujudkan pembelajaran berkualitas di Indonesia membutuhkan upaya bersama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, guru, sekolah, orang tua, dan masyarakat.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  • Meningkatkan kualitas guru: Guru adalah kunci utama dalam mewujudkan pembelajaran berkualitas. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kualitas guru melalui pelatihan, pengembangan profesional, dan pemberian penghargaan.
  • Memperbaiki infrastruktur sekolah: Sarana dan prasarana yang memadai, seperti ruang kelas yang nyaman, buku teks yang berkualitas, dan teknologi informasi yang memadai, dapat mendukung pembelajaran berkualitas.
  • Mengembangkan kurikulum yang berpusat pada peserta didik: Kurikulum yang berpusat pada peserta didik memberikan ruang bagi peserta didik untuk belajar secara aktif dan kreatif, sehingga mereka dapat mencapai potensi penuh mereka.
  • Meningkatkan partisipasi orang tua dan masyarakat: Orang tua dan masyarakat memiliki peran penting dalam mendukung pembelajaran anak-anak. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan partisipasi mereka dalam kegiatan sekolah.

Pembelajaran yang berkualitas memiliki beberapa ciri-ciri, yaitu:

1. Tujuan yang jelas dan terukur: Pembelajaran yang berkualitas memiliki tujuan yang jelas dan terukur. Tujuan ini harus dirumuskan dengan SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound). Tujuan yang jelas akan membantu guru dan siswa untuk fokus pada apa yang ingin dicapai dalam pembelajaran.

2. Proses yang berpusat pada siswa (student centered): Pembelajaran yang berkualitas berpusat pada siswa. Artinya, siswa harus aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Guru harus menciptakan lingkungan belajar yang aman dan suportif agar siswa merasa nyaman untuk bertanya, berdiskusi, dan mengeksplorasi ide-idenya.

3. Penggunaan berbagai metode dan strategi pembelajaran: Guru yang berkualitas menggunakan berbagai metode dan strategi pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda-beda dari setiap siswa. Metode dan strategi pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan materi pelajaran, karakteristik siswa, dan tujuan pembelajaran.

4. Penilaian yang berkelanjutan: Penilaian yang berkelanjutan merupakan bagian penting dari pembelajaran yang berkualitas. Penilaian harus dilakukan secara berkelanjutan untuk memantau kemajuan belajar siswa dan untuk memberikan feedback yang konstruktif kepada siswa.

5. Pembelajaran yang bermakna: Pembelajaran yang berkualitas haruslah bermakna bagi siswa. Artinya, siswa harus dapat menghubungkan apa yang mereka pelajari dengan kehidupan nyata. Guru harus membantu siswa untuk melihat bagaimana materi pelajaran yang mereka pelajari dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan dalam kehidupan mereka.

6. Kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua: Pembelajaran yang berkualitas membutuhkan kolaborasi yang baik antara guru, siswa, dan orang tua. Guru, siswa, dan orang tua harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan untuk mendukung kesuksesan belajar siswa.

Berikut beberapa faktor lain yang dapat mendukung pembelajaran yang berkualitas:

  • Sarana dan prasarana yang memadai: Sarana dan prasarana yang memadai, seperti buku teks, komputer, dan laboratorium, dapat membantu guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif.
  • Dukungan dari pimpinan sekolah: Dukungan dari pimpinan sekolah sangat penting untuk menciptakan budaya belajar yang positif di sekolah. Pimpinan sekolah harus memberikan pelatihan dan pengembangan profesional kepada guru dan harus menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi guru.
  • Kebijakan yang mendukung: Kebijakan yang mendukung pembelajaran yang berkualitas, seperti kebijakan yang mengatur tentang rasio guru-siswa dan waktu belajar, dapat membantu untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Pembelajaran yang berkualitas adalah kunci untuk mencapai pendidikan yang berkualitas. Dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran yang berkualitas, kita dapat membantu siswa untuk mencapai potensi penuh mereka dan untuk menjadi pembelajar yang sukses sepanjang hayat.

Salam literasi!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun