Haii haiii semuaa kenalin aku Yuyun Puji Lestari, salah satu mahasiswa Universitas Negeri Malang yang telah menyelesaikan kegiatan asistensi mengajar selama 4 bulan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kegiatan asistensi mengajar dan juga cerita pengalamanku selama mengikuti kegiatan asistensi mengajar sebagai bentuk dukungan dalam pelaksanaan program SDGs pendidikan yang berkualitas.
Kegiatan Asistensi Mengajar merupakan salah satu kegiatan dari adanya kebijakan MBKM yang ada di Universitas Negeri Malang. Kegiatan Asistensi Mengajar ditujukan untuk membantu proses belajar mengajar di berbagai sekolah mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi sebagai salah satu program studi yang mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan kegiatan Asistensi Mengajar juga memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk mengambil kegiatan Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan khususnya tingkat SMK. Dengan adanya kegiatan Asistensi Mengajar ini akan memberikan kesempatan kepada tiap mahasiswa untuk belajar diluar program studinya sehingga diharapkan nantinya dapat meningkatkan softskill dan hardskill yang dimilikinya. Dengan demikian mahasiswa akan mendapatkan pengalaman riil di lapangan yang relevan sehingga mahasiswa akan lebih paham mengenai kebutuhan pendidikan di masa depan guna menciptakan sumber daya manusia yang unggul. Dengan adanya kegiatan asistensi mengajar ini, diharapkan dapat turut serta dalam pengembangan program SDGs poin pendidikan yang berkualitas (quality education). Â Dengan kegiatan asistensi mengajar ini diharapkan dapat membantu dalam proses penumbahan pendidikan yang inklusif, setara, dan berkualitas.
SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen merupakan salah satu sekolah swasta yang berada di Kabupaten Malang. Dalam perkembangannya sekolah lebih dikenal dengan nama Malvocs (Malang Vocational High School Muhammadiyah 5 Kepanjen). Sekolah ini terletak di Jl. Bromo Gg. Masjid Sukun Utara, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Lokasi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen ini berada di dekat pusat perekonomian di Kepanjen, sehingga sekolah ini akan mudah ditemukan. Gedung sekolah berada di area tanah kavling dengan pemandangan sekitar berupa perkebunan. Suasana yang asri sangat terasa di area sekolah.
SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen memiliki akreditasi B dengan 5 kompetensi keahlian. Kompetensi keahlian itu diantaranya Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Layanan Perbankan Syariah (PBS), Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB), Broadcasting dan Perfilman (PF), dan Perhotelan (PH). Setiap kompetensi keahlian biasanya terdiri dari 1 atau 2 kelas yang rata-rata berisi 20-30 peserta didik.
SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen memiliki sarana dan prasarana sekolah yang baik untuk mendukung kegiatan pembelajarannya. Di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen terdapat 14 kelas, 6 laboratorium, ruang perpustakaan, gedung seni, aula, ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang tata usaha dan bank mini, masjid, ruang BK, dan ruang BKK. Pada tahun ajaran 2023/2024, SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen memiliki jumlah peserta didik sebesar 481 dengan 19 rombongan belajar. Selain itu, terdapat 40 orang tenaga pendidik dan 13 tenaga kependidikan yang aktif dalam kegiatan di sekolah.
Penulis memilih SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen sebagai tempat pelaksanaan Asistensi Mengajar karena adanya jalinan kerja sama antara pihak sekolah dengan Universitas Negeri Malang. Â Dengan adanya kerja sama ini SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dipercaya dapat memberikan dukungan dan fasilitas kepada mahasiswa dalam belajar dan mengembangkan diri secara maksimal. Penerapan kemampuan dan keterampilan mahasiswa khususnya mahasiswa prodi Pendidikan Akuntansi diharapkan dapat membantu SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dalam meningkatkan kualitas dalam bidang akademiknya.
Kegiatan asistensi mengajar tentunya sangat memiliki banyak manfaat bagi penulis. Dulu penulis hanya bisa belajar materi di kampus, namun sekarang penulis bisa mengaplikasikan seluruh ilmu yang didapat di kampus melalui kegiatan pembelajaran di kelas. Â Selama 4 bulan mengajar penulis belajar bagaimana pembuatan perangkat pembelajaran, membuat materi yang menarik, dan membuat media pembelajaran. Â Penulis harus bisa membuat sebuah pembelajaran yang dapat menarik minat dan kreativitas peserta didik. Penulis juga harus bisa memahami keadaan tiap karakter peserta didik dalam menciptakan bahan ajar dan media pembelajarannya. Dengan mengusahakan hal tersebut, penulis kemudian dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Ketika melihat peserta didik paham dengan apa yang penulis sampaikan, penulis merasa ada sebuah kepuasan dan kebahagian yang sangat besar.
Pada kegiatan asistensi mengajar ini penulis juga dapat mengembangkan softskill yang dimilikinya. Hal ini karena ketika melakukan kegiatan asistensi mengajar penulis bukan hanya terjun pada bidang akademik saja, tetapi penulis juga ikut terlibat dalam kegiatan non akademik dan administrasi sekolah. Terdapat banyak kegiatan yang diikuti penulis selama mengikuti kegiatan asistensi mengajar yaitu piket harian, piket di bank mini, mengikuti kegiatan darul arqom, ikut serta dalam kegiatan wisuda, serta mengadakan kegiatan workshop dan talkshow untuk peserta didik di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dengan tujuan mereka memiliki bekal ketika terjun dalam dunia industri. Â
Setelah melaksanakan kegiatan asistensi mengajar ini, penulis menyadari bahwa ketika menjadi seorang guru itu tidak hanya berfokus pada pembelajaran saja, tetapi juga harus berperan aktif dalam setiap kegiatan sekolah. Selain itu juga setelah mengikuti kegiatan asistensi mengajar ini, penulis akan terus melakukan perbaikan diri untuk lebih maksimal dalam mengembangkan potensi diri dan terlibat dalam beberapa kegiatan positif yang nantinya dapat berguna bagi karir, studi, dan orang-orang disekitar. Penulis juga berharap dapat turut serta dalam menciptakan pendidikan yang inklusi, setara, dan berkualitas untuk semua orang.
Di akhir paragraf ini, penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Hanjar Ikrima Nanda, S. Pd. selaku dosen pembimbing kegiatan asistensi mengajar, Bapak Siswanto Trimulyono, S. HI. Selaku kepala SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melaksanakan kegiatan Asistensi Mengajar, Ibu Bilqis Imaning HLA, S. Pd. selaku waka kurikulum, Ibu Hani Apriliantin, S. Pd. selaku guru pamong, siswa-siswi X PBS, dan juga seluruh teman-teman AM yang selalu mendukung dan membersamai kegiatan asistensi mengajar yang dilakukan oleh penulis.
Salam Hangat
Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya