Mohon tunggu...
Yuswardi
Yuswardi Mohon Tunggu... Penulis - Pencari fakta

Hanya orang biasa yang ingin melakukan hal-hal luar biasa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kisah Fajar Mengubah Nasib Keluarga Berkat SMK Jateng

19 Juli 2022   19:52 Diperbarui: 19 Juli 2022   20:02 363
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Surat Fajar untuk Ganjar Pranowo (Sumber: https://jatengprov.go.id/publik/surat-fajar-untuk-ganjar-bikin-mewek-netizen/)

 
 Assalamualaikum Pak Ganjar. Nama saya Fajar Jaka Surya asli Petarukan Pemalang siswwa baru di SMKN Jateng. Ngapuntene Pak. Kemarin sebelum berangkat ke Semarang saya dapat pesan dari Ibu, agar mengucapkan terima kasih langsung pada Pak Ganjar karena saya diterima sekolah di sini dan semuanya gratis. Seragam, tas, alat tulis, tempat tinggal dan makan semua gratis.

Sebenarnya saya pengin banget bertemu langsung dengan Pak Ganjar untuk mengatakan itu karena pesannya Ibu begitu, tapi peraturan di sini tidak mengizinkan. Saya juga tidak bisa membuka medsos karena juga dilarang membawa hp. Padahal kemarin ketika Pak ganjar datang ke sekolah bareng Ibu Wakil Gubernur Lampung, saya pengin banget mengucapkan tapi kami tidak boleh keluar. Akhirnya saya hanya bisa menulis surat dan menitipkan pada pak guru. Semoga suratnya sampai di tangan jenengan.

Saya berdoa semoga Pak Ganjar dan keluarga terus diberi kesehatan. Saya juga mohon doanya semoga selama saya belajar di sini diberi kelancaran.

Kulo nggih ngaturaken salam saking ibu kagem panjenengan, Pak. Nyuwun pangestune kagem Ibu yang di rumah agar selalu diberi kesehatan dan kelancaran rizki.

Ibu saya hanya buruh tenun di Pemalang dan harus merawat nenek. Satu kakak yang sakit serta satu adik yang masih SMP. Semoga kelak ketika adik saya lulus SMP juga bisa melanjutkan di SMKN Jateng. Saya kasihan pada ibu karena beliau yang menjadi tulang punggung keluarga padahal gaji ibu hanya Rp23 ribu per  minggu. Dulu saya masih bisa sedikit membantu dari hasil ngajar ngaji anak-anak kamlpung sekitar. Tapi sekarang hanya ibu yang bekerja karena bapak saya telah meninggal sejak saya kelas 1 SD.

Terima kasih nggih Pak Ganjar semoga sekolah saya lancar dan setelah lulus bisa langsung bekerja di perusahaan besar agar bisa saya segera membantu ibu. Kemudian suatu saat saya bisa membangun/memiliki bengkel mobil dan memiliki karyawan serta bisa menaikan haji ibu.

Yang terakhir pak, saya mohon agar diperbanyak sekolah seperti SMKN Jateng ini karena sanagt membantu anak-anak dari keluarga miskin seperti saya bisa mendapat pendidikan yang berkualitas. Sehingga kami tidak minder untuk bercita-cita tinggi seperti anak-anak lainnya. Mohon maaf nggih pak kalau saya lancang. maturnuwun sanget. 

Begitulah isi surat tulisan tangan yang dikirim Fajar Jaka Surya kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Agustus 2019. Saat itu, Fajar baru saja diterima di SMK Jawa Tengah, sekolah gratis untuk anak-anak orang miskin yang digagas Ganjar.

Surat itu kemudian menjadi viral setelah diunggah di media sosial. Sebagian besar netizen merasa terenyuh, bersimpati, dan mengirim doa untuk Fajar.

Kini, setelah tiga tahun berlalu, Jafar telah lulus dan bekerja di PT Bukit Makmur Utama (Buma) Kalimantan Timur. Itu adalah salah satu perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia. Fajar yang seharusnya diwisuda bersama 263 lulusan lainnya pada 16 Juni 2022 lalu, tak bisa hadir karena sudah langsung diterima bekerja. Sebagai gantinya, hadir sang ibu bernama Darsini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun