Mohon tunggu...
Yuswanto Raider
Yuswanto Raider Mohon Tunggu... Guru - Saya seorang guru dan penulis lepas yang lahir di Surabaya pada 14 Februari 1974. Sejak tahun 2005 saya tinggal di Desa Kembangsri Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto

Hobi saya merawat tanaman, traveling, outdoor learning, dan advokasi kemasyarakatan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

ISTIMEWA! Alumni SMAN 1 Gondang Ini, Menjadi Duta Hukum Favorit UTM 2024

6 Oktober 2024   23:38 Diperbarui: 6 Oktober 2024   23:38 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ALUMNI SMAGO : Meutiya Nur Rahma (Urutan Kedua dari Kiri) Saat Dinobatkan sebaga Duta Hukum Favorit UTM 2024. (Foto : Istimewa/Dok.Pribadi)

KABUPATEN MOJOKERTO. SMAN 1 Gondang betul-betul menggeber prestasi. Eksistensi dan kredibilitasnya terbangun bak loncatan waktu. Faktanya, tak hanya peserta didik saja yang berturut-turut mendulang prestasi akhir-akhir ini. Bahkan alumninya yang dikampus pun mampu menorehkan prestasi membanggakan.

Meutiya Nur Rahma adalah alumni SMAN 1 Gondang tahun 2023 lalu. Putri sulung dari pasangan Ludfi Adi Pranata (47) dan Fitri Astutie (42) itu, patut diapresiasi atas raihan prestasinya. Setelah mengikuti berbagai tahapan tes tulis, tes minat bakat, dan tes interview, dirinya mampu masuk Top Lima Besar Duta Hukum Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

DUTA HUKUM FAVORIT UTM 2024 : Meutiya Nur Rahma. (Foto : Istimewa/Dok.Pribadi)
DUTA HUKUM FAVORIT UTM 2024 : Meutiya Nur Rahma. (Foto : Istimewa/Dok.Pribadi)

Perjuangan aktifis Paskibra dan pengurus OSIS SMAN 1 Gondang ini pun akhirnya menuai prestasi. Tiya, sapaan karibnya, dinobatkan sebagai Duta Hukum Favorit UTM Tahun 2024. Tentunya raihan prestasi prestise itu lebih dari ekspektasinya. Sebab, pesaingnya juga para mahasiswa yang cerdas dan sama-sama penuh optimistis.

"Motivasi saya ikutan seleksi Duta Hukum ini agar kelak saya bisa bermanfaat dalam kehidupan dikampus maupun ketika bermasyarakat. Semua itu tentu akan saya perjuangan dengan tetap bersimpuh pada doa restu kedua orangtua saya," ungkap Tiya yang juga pernah menjadi Duta Pancasila Purna Paskibra Kabupaten Mojokerto tahun 2023 itu.

Mahasiswa S1 Ilmu Hukum UTM yang lolos lewat jalur SNBP 2023 itu, juga mengakui bila saat SMA dirinya diarahkan kedua orangtuanya untuk aktif dalam berbagai kegiatan. Hanya saja saat itu dirinya sangat pas dengan aktifitas Pasukan Pengibar Bendera dan OSIS. Hingga akhirnya, dirinya juga pernah menjadi salah satu personil dalam Pasukan Pengibar Bendera saat Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Mojokerto.

BERSYUKUR : Keluarga sederhana dari Meutiya menjadi motivasi dan pelecut dirinya untuk selalu berprestasi. (Foto : Istimewa/Dok.Pribadi)
BERSYUKUR : Keluarga sederhana dari Meutiya menjadi motivasi dan pelecut dirinya untuk selalu berprestasi. (Foto : Istimewa/Dok.Pribadi)

"Nilai akademik saya sewaktu SMA, biasa-biasa saja. Namun aktifitas saya di organisasi itulah yang melecut saya hingga saat ini. Banyak manfaat ketika kita serius menjalani aktifitas di ekstrakurikuler maupun organisasi," ujar Tiya, kakak dari Kayyesa Azqa Sabilla (14) dan Muhammad Rakhaa Ahurayazda (9) itu sembari bersyukur.

Sekedar diketahui, Tiya berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya, Ludfi Adi Pranata, hanya pekerja serabutan dengan modal kemampuan fotografi. Sedangnya Ibunya, Fitri Astutie, merupakan seorang pegawai tidak tetap sebagai administrasi di SMAN 1 Gondang. Meski demikian, Tiya mengaku tidak malu dan justru menjadi pendorong bagi dirinya untuk selalu berprestasi.

"Dosa besar kalau kita malu dengan kondisi orangtua kita. Justru kita harus bersyukur bisa terlahir dari orangtua yang menyayangi kita. Impian saya hanya satu, memberikan yang terbaik untuk kedua orangtua saya dan adik-adik saya. Lewat prestasi ini, semoga mampu membuat kedua orangtua saya tersenyum dan kian panjang umur," ucap Tiya sembari matanya berkaca-kaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun