Setiap orang di BI adalah Public Relations Person termasuk para karyawan yang juga mewakili citra BI diri sendiri dengan berperilaku baik, menerapkan 5S. Untuk itu kita juga perlu mengetahui apa saja prinsip dari pengelolaan komunikasi BI: 1. Satu pintu untuk koordinasi strategi, 2. Desentralisasi untuk pelaksanaanÂ
Pasti dalam setiap menjalankan sebuah komunikasi terdapat suatu kendala dalam pengelolaan komunikasi BI diantaranya adalah :
1. Shared Visior antara satker terkait pengelolaan komunikasi di BI yang belum terbentuk secara utuhÂ
2. Pembagian Peran dan tanggung jawab yang tugas antara Humas dengan satker dalam pengelolaanÂ
3. Pengelolaan juru bicara lembaga yang belum tertata secara baikÂ
4. Sistem informasi pengelolaan stakeholders belum terintegrasi antar staker
Ada 6 aktivitas kunci seorang PR. Tugas PR itu memang harus disengaja dan terencana bagaimana agar mendapatkan citra yang baik, bagaimana agar dapat membangun perusahaan yang berkualitas dan masih banyak lagi yang harus direncanakan dengan sengaja. Tugas PR juga mengukur kinjera perusahaan seupaya dalam membangun citra baik itu bisa diukur. PR punya tujuan untuk kepentingan masyarakat dan menghasilkan komunikasi dua arah antara perusahaan dan masyrakat. Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H