Mohon tunggu...
Yusuf Sulaeman
Yusuf Sulaeman Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa dan karyawan di usaha wiraswasta

saya yusuf sulaeman anak ke 3 dari 5 bersaudara, saya suka menulis cita cita ingin menjadi seorang guru dan saya ingin mempunyai usaha dibidang wedding organizer sebagai kerjaan sampingan selain daripada menjadi seorang guru.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Seseorang Yang Berkualifikasi Sebagai Guru, Konselor dan Yang Berperan di Pendidikan Wajib Tahu ini!

6 November 2023   19:44 Diperbarui: 6 November 2023   19:50 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama : Yusuf Sulaeman

NIM : 12002045

STAI RIYADHUL JANNAH -SUBANG 

Telah banyak  sekali kesempatan yang telah kita sia-siakan namun dengan pembahasan yang ini cukup serius dan mesti kita ketahui, Pada kesempatan kali ini kita akan mengupas mengenai poin-poin tentang evaluasi kurikulim PAI.

Evaluasi kurikulum merupakan suatu usaha yang sistematis untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu kurikulum untuk digunakan sebagai pertimbangan nilai dan arti dari kurikulum dalam suatu konteks tertentu.  Evaluasi kurikulum PAI ini merupakan suatu kegiatan untuk menentukan taraf kemajuan peserta didik di dalam suatu pembelajaran pada proses pendidikan, yang dapat di jadikan sebagai dasar dan petunjuk untuk memperbaiki, menyempurnakan, dan mengembangkan kurikulum di semua mata pelajaran Islam.

Objek evaluasi kurikulum PAI :

1. Komponen Tujuan dan Isi Kurikulum

Komponen tujuan yang dinilai berhubungan dengan tujuan jenjang di atasnya yaitu tujuan institusional dan selanjutnya di kaitkan dengan tujuan nasional.

Komponen isi kurikulum yang menjadi objek evaluasi bersumber dari garis-garis besar program pembelajran untuk setiap mata pelajaran yang mencakup pokok-pokok bahasan suatu waktu tertentu.

2. Komponen Strategi Pembelajaran

Sasaran dari evaluasi pada komponen ini meliputi relevansi dengan tujuan yang ditetapkan, kebenaran menurut pandangan yang berlaku, keluasan dan kedalaman materi, kebutuhan dan pengalaman peserta didik, dan kesesuaian dengan waktu dan fasilitas yang tersedia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun