Â
   Lingkungan merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Karena manusia terus berintereaksi dengan lingkungan. Lingkungan merupakan rumah bagi semua makhluk hidup, yang berarti ketika rumah itu bersih akan membuat kenyamanan bagi penghuninya atau ketika lingkungan itu bersih maka akan membuat kenyamanan bagi makhluk hidup. Dan sebaliknya, ketika rumah tersebut kotor maka penghuni tidak akan merasa nyaman. Lingkungan yang bersih dan sehat merupakan lingkungan yang bebas dari berbagai kotoran, termasuk diantaranya debu, sampah dan bau. Lingkungan yang bersih dan sehat berarti harus bebas dari virus, bakteri dan bermacam penyakit serta bebas dari bahan kimia berbahaya (Basuki et al., 2020).   Hal itu lah yang membuat sekelompok anak muda asal Bandung yang bernama Pandawara Group tersebut mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan melalui sosial media. Menurut Arlanthy et al (2023) Pandawara  Group  merupakan  sekelompok  anak  muda asal Bandung yang melakukan ajakan Go green melalui media sosialnya dengan berhasil meraup ratusan ribu hingga jutaan penonton beserta respon positif dari penontonnya. Kegiatan yang dilakukan oleh Pandawara Group sendiri adalah aksi  gotong royong  membersihkan  lingkungan  sekitar  dan  mereka  juga  melakukan  kegiatan Go green. Dengan  kata  lain,  pandawara  group  memperoleh  eksposer  tinggi dan pengaruh baik terhadap masyarakat dari konten-kontenya yang mengajak dan edukasi kepedulian terhadap lingkungan, karena  aksinya melakukan  bersih-bersih  sampah  di  berbagai  lokasi  sebagai campaignnya di media sosial.
Kita bisa melihat konten-konten pandawara group saat melakukan aktivitas bersih-bersih bersama masyarakat di sosial medianya, seperti youtube, tiktok, dan instagram.
   Lingkungan yang bersih merupakan suatu kenyaman bagi makhluk hidup, terutama manusia. ketika lingkungan itu bersih maka akan bebas dari berbagai penyakit dan bencana, seperti bencana banjir yang disebabkan oleh sampah manusia. Sekelompok anak muda melakukan ajakan kepedulian terhadap lingkungan melalui sosial media atau menjadi Influencer yang mempengaruhi hal yang psotif, yaitu mengajak untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mebersihkan lingkungan yang kotor. Kegiatan tersebut harus didukung oleh pemerintah, supaya masyarakat akan sadar terhadap dampak dari membuang sampah sembarangan.Â
Daftar Pustaka
Arlanthy Putri Indah, Ardilla Presti Yunda, Fauzi Zavira Avri, & H.S Deskita Zelyne. (2023). ANALISIS CAMPAIGNPROGRAM GO    GREENYANG DILAKUKAN PANDAWARA GROUP. KOMASKAM: Jurnal Komunikasi Masyarakat dan Keamanan, Universitas Bhayangkara.(2), 57-69. DOI: https://doi.org/10.31599/5dnbg426Â
Basuki Kasih Haryo, Rosa Novrita Mulya, & Alfin Edward. (2020). MEMBANGUN KESADARAN MASYARAKAT DALAM MENATA LINGKUNGAN YANG ASRI, NYAMAN, DAN SEHAT. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. 4 (1), 1-9.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H