Mohon tunggu...
Yustisia Kristiana
Yustisia Kristiana Mohon Tunggu... Dosen - Akademisi

Mendokumentasikan catatan perjalanan dalam bentuk tulisan

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Menelusuri Keanggunan Gua Maria dalam Wisata Religi

14 Oktober 2023   10:01 Diperbarui: 15 Oktober 2023   01:05 2274
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gua Maria Bukit Kanada (foto: dokumentasi pribadi)

Bulan Rosario, yang jatuh pada bulan Oktober, menjadi momen yang khusus bagi umat Katolik di seluruh dunia. Sebagai bulan yang didedikasikan khusus pada Bunda Maria, umat berdoa Rosario dan Gua Maria menjadi pilihan untuk melibatkan diri dalam ibadah dan ziarah pribadi.

Ziarah merupakan bentuk dari wisata religi atau wisata rohani. Terdapat dua tipe wisatawan dari wisata religi, yang pertama adalah wisatawan dengan latar belakang agama yang sama dimana nilai-nilai spiritual menjadi parameter utama dalam berwisata. Lalu yang kedua adalah wisatawan dengan latar belakang agama yang berbeda dari tempat yang dikunjungi, tujuannya adalah untuk memperluas wawasan tentang kekayaan budaya dan keanekaragaman yang pada akhirnya dapat menanamkan nilai toleransi dalam kehidupannya.

Kali ini perjalanan yang diceritakan adalah berwisata religi ke Gua Maria yang berada di sebelah barat Pulau Jawa yaitu Gua Maria Bukit Kanada di Provinsi Banten dan di bagian timur Pulau Jawa yaitu Gua Maria Pohsarang di Provinsi Jawa Timur.

Gua Maria Bukit Kanada

Namanya terdengar unik, dan ini bukan berada di luar negeri namun di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Gua Maria ini dinamakan Bukit Kanada yang adalah singkatan dari Bunda Kita Kampung Narimbang Dalam. Sesuai dengan namanya, Gua Maria ini berlokasi di kawasan Narimbang.

Berdasarkan informasi, Gua Maria Bukit Kanada ini dibangun pada tahun 1988 oleh umat Paroki Rangkasbitung yang didukung pimpinan Kongregasi Suster Fransiskan Sukabumi. Gua Maria Bukit Kanada difungsikan untuk tempat beribadah umat Katolik. Seiring berjalannya waktu, Gua Maria Bukit Kanada juga menjadi salah satu destinasi wisata religi di Rangkasbitung.

Lokasi Gua Maria ini menjadi satu dengan pintu masuk Akademi Keperawatan Yatna Yuana Lebak. Saat memasuki kawasan, suasana hening langsung terasa. Untuk menuju Gua Maria, terdapat tangga yang di kedua sisinya dihiasi patung 12 murid Yesus.

Tangga yang dihiasi patung 12 murid Yesus (foto: dokumentasi pribadi)
Tangga yang dihiasi patung 12 murid Yesus (foto: dokumentasi pribadi)

Lalu tibalah di Gua Maria dimana terdapat patung Bunda Maria dan sepasang patung malaikat di bagian altar.

Peziarah yang datang dapat mengambil kursi-kursi yang disediakan untuk kemudian memanjaatkan doa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun