Mohon tunggu...
yustinus khrisnapurnama
yustinus khrisnapurnama Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

berbagi kegiatan sosial

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Mengikuti Program Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang

25 Juni 2022   10:46 Diperbarui: 25 Juni 2022   10:58 1344
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Asistensi mengajar merupakan pengalaman yang sangat luar biasa dan sangat berkesan selama saya berkuliah tentu saja banyak sekali pengalaman yang tidak bisa saya lupakan selama empat bulan saya dibimbing dibina oleh banyak sekali orang orang hebat di dalamnya mulai dari dosen pemimping saya yang luar biasa sabar walaupun saya pribadi masih banyak sekali memiliki kekurangan dan kelalaian yang sudah saya lakukan, begitu juga dengan guru Pamong di SMK Negeri 12 Malang. 

Perkenalkan nama saya Yustinus Khrisna Purnama sakti saya adalah mahasiswa aktif semester enam di Universitas Negeri Malang di fakultas ekonomi dan bisnis saya mengambil jurusan pendidikan Akutansi, yang di mana saya sekarang sedang menjalani program asistensi mengajar yang di mana merupakan salah satu program kementerian pendidikan dan kebudayaan yaitu program merdeka belajar kampus merdeka. Awalnya saya cukup kaget ketika mengetahui bahwa program pkl sudah ditiadakan dan diganti dengan Asistensi mengajar awalnya saya cukup bingung apakah ini hanya berganti nama atau berganti keseluruhan secara menyeluruh Termasuk program yang ada di dalamnya. 

Akhirnya ada seminar melalui zoom meeting Yang menjelaskan sebenarnya apa program Asistensi mengajar itu sendiri. 

Awalnya saya kira ini hanyalah magang secara singkat dengan waktu dua bulan seperti yang sudah ada pada sebelumnya tetapi setelah mendengarkan berbagai pemaparan yang dijelaskan waktu atau durasi yang kita miliki selama Empat bulan lamanya. Tentu saja saya sedikit panik ketika mengetahui proses magang saya ternyata memakan waktu selama empat bulan, ada rasa takut, Di satu Sisi juga senang karena bisa bertemu dengan teman teman baru dengan lingkungan yang baru yang sebelumnya tidak pernah saya rasakan. Tetapi rasa panik itu masih belum saya hilang hingga beberapa saat setelah saya mengambil KRS mengenai PLP karena saya masih sangat aku tidak bisa memenuhi ekspektasi yang saya sendiri harapkan dan juga pihak kampus harapkan. Tetapi apapun yang terjadi harus saya jalani karena ini sudah jadi tanggungan dan kewajiban saya. Sebelumnya menjadi seorang guru tidak pernah terbersit dalam pikiran saya banyak sekali lika liku yang harus dihadapi terutama pada saat masa kuliah tetapi saya yakin dan saya percaya tidak ada ilmu yang tidak bermanfaat.

Setelah lima semester melakukan dan menjalani segala mata kuliah Mungkin memang di semester enam ini kami harus mengaplikasikan dan menerapkan segala ilmu yang sudah kita peroleh terutama saya secara langsung dengan pekerjaan yaitu menjadi seorang guru. Senang sekali bisa menerapkan apa yang saya sudah peroleh dengan Program Asistensi mengajar saya bisa mengeksplorasi diri saya lebih jauh lagi seberapa banyak yang sudah saya serap selama menempuh berbagai mata kuliah yang bisa saya aplikasikan selama saya mengajar para siswa siswi SMK jurusan Akutansi. Pada saat awal pendaftaran Asistensi mengajar saya kebingungan lokasi SMK mana yang akan saya pilih untuk saya menjalankan program Asistensi mengajar ini, setelah saya berfikir cukup lama kemudian berembuk dengan orang tua saya dan juga teman teman saya kemudian juga sama serta melihat kondisi internal dan eksternal saya putuskan pada saat itu memilih SMK Negeri 12 Malang jadi tempat saya Eksplorasi serta mencari tahu seberapa mampu saya untuk membagi kan ilmu saya kepada orang lain terutama dalam bidang Akutansi. 

Saat melakukan pendaftaran Masih ada rintangan yang harus saya hadapi itu server pendaftaran Asistensi mengajar yang mengalami down sehingga saya Berfikir bahwa saya tidak mendapatkan SMK Negeri 12 Malang sebagai tempat saya melaksanakan kegiatan Asistensi mengajar. Ternyata walaupun sudah saya klik pilihan SMK Negeri 12 Malang tetapi masih loading dan respon Server yang masih lelet, setelah menurus hampir 3 menit ternyata saya berhasil mendapatkan lokasi Asistensi mengajar di SMK Negeri 12 Malang. 

Perasaan yang Sungguh luar biasa senang bisa mendapatkan lokasi SMK yang di mana memang sebelumnya sudah saya harapkan. Saya langsung mengabari orang tua saya bahwa saya bisa mendapatkan lokasi magang yang sesuai dengan saya harapkan kemudian jarak tempat tinggal saya juga tidak begitu jauh cukup mudah dijangkau. Kebagian saya tidak berhenti di situ saja ketika saya mengabari sahabat sahabat saya bahwa saya berhasil Memilih SMK Negeri 12 Malang sebagai lokasi saya Asistensi mengajar, penuh kejutan juga bahwa sahabat sahabat saya juga berhasil mendapatkan lokasi program Asistensi mengajar di SMK Negeri 12 Malang juga.

Selain kita bisa bertemu secara rutin karena sebelumnya kita hampir selama tiga semester tidak bertemu dikarenakan Pandemi Covid-19, sehingga kami bisa mencurahkan rasa rindu kami satu sama lainnya, tetapi kami juga bisa saling mengembangkan diri kami dengan profesi sebagai guru pengajar secara bersama sama di SMK Negeri 12 Malang. Kegiatan diawali pada 8 Februari 2022 di mana ditetapkannya mahasiswa program Asistensi mengajar, selanjutnya dilakukan nya pembekalan oleh pihak universitas Negeri Malang agar para masiswa tidak kaget ketika mereka terjun langsung ke lapangan untuk mempraktekkan segala ilmu yang sudah mereka miliki dan mereka pelajari yang dilaksanakan pada 16 Februari 2022 setelah kami dibekali oleh pihak universitas Negeri Malang kami melanjutkan untuk melakukan kegiatan observasi yang di mana kami mendatangi langsung sekolah pilihan kami yang di mana saya memilih SMK Negeri 12 malang. Sayangnya saat melakukan kegiatan observasi yang di mana kami Sebagai masiswa jurusan Akutansi terutama sudah membuat janji bersama guru Pamong yang sudah dipilihkan oleh pihak sekolah serta pihak kampus untuk mendampingi segala kegiatan kami terutama dalam program Asistensi mengajar, tanpa kami Sadari kami datang terlambat hadir di SMK Negeri 12 Malang karena kesalahan kami yang di mana karena kami saling menunggu teman teman kami yang lainnyaSehingga hal tersebut membuat kami harus datang terlambat ke SMK Negeri 12 malam dan meninggalkan kesan yang kurang baik untuk para Pamong kami sebagai perjumpaan pertama kami. Saat melakukan observasi kami perkenalkan kepada pamong pamong kami, Saya dipilih langsung oleh ibu Karunia di situ saya langsung dibagi mata pelajaran apa yang saya akan ajarkan kepada para murid kelas AKL3 Yang di mana saya akhirnya mengajar mata pelajaran Akutansi dasar untuk kelas 10. Dalam proses observasi kami juga diberi contoh dalam menyusun Rpp serta contoh contoh media pembelajaran. Berhubung pada saat observasi masih dalam kondisi Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat sehingga kegiatan pembelajaran sekolah dilakukan secara Daring atau online sehingga kegiatan pembelajaran dilakukan melalui website yang sudah disiapkan berupa E-Learning milik SMK Negeri 12 Malang.

Berikutnya kami lanjutkan dengan kegiatan Focus group discussion Yang di mana kami seluruh para masiswa Asistensi mengajar dari universitas Negeri Malang hadir di balai batik SMK Negeri 12 Malang beserta para dosen pemimping kami masing masing dari setiap jurusan mulai dari teknik informasi, teknik otomotif, sejarah, dan Akutansi. Begitu juga para Guru Pamong kami dari setiap jurusan mendampingi kami juga di balai batik SMK Negeri 12 Malang. Dalam kegiatan FGD tersebut kami mahasiswa mempresentasikan dari masing masing jurusan mengenai apa saja yang akan kita lakukan di SMK Negeri 12 Malang baik dalam hal akademik, administrasi, serta non akademik selama masa kegiatan Asistensi mengajar berlangsung dengan jangka waktu empat bulan lamanya. Setelah kegiatan Focus Grup Discussion dilakukan kami melanjutkan di minggu berikutnya untuk Menyusun segala persiapan dimulai dari penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, media yang akan saya siapkan untuk materi pertemuan pertama. Setelah penyusunan RPP serta media akhirnya saya bisa melaksanakan pembelajaran pertama saya dengan para siswa X-AKL 3 dengan mata pelajaran Akuntansi Dasar. Di pertemuan pertama ini seluruh siswa SMK Negeri 12 Malang masih melaksanakan pembelajaran secara daring atau online karena masih dalam kondisi PPKM sehingga saya melakukan pertemuan pertama dengan menggunakan media google meet dengan durasi 2 jam. Dalam pertemuan ini saya berkenalan terlebih dahulu dengan siswa-siswi kelas AKL 3 yang berjumlah 34 siswa, setelah berkenalan dengan para siswa saya lanjutkan dengan perkenalan diri saya sebagai guru dalam program Asistensi Mengajar dan saya mengajar akuntansi dasar hingga semester genap berakhir serta saya menjabarkan materi apa saja yang akan kita pelajari selama saya menggantikan guru mata pelajaran Akuntansi Dasar, dilanjutkan dengan para siswa saya arahkan menuju e-learning yang disediakan oleh pihak sekolah yang dimana di media tersebut sudah saya upload mengenai materi pertama yaitu jurnal penyesuaian dengan bentuk media power point, setelah para siswa memahami mengenai materi jurnal penyesuaian saya menyediakan soal kuis mengenai materi yang sama yang dapat siswa akses melalui e-learniung milik sekolah. Hari pertama mengajar yang memberikan pengalaman luar biasa untuk saya, jujur saya dipenuhi rasa cemas terhadap siswa yang tidak memperhatikan saya saat pembelajaran melalui google meet, ternyata siswa saya sangat menurut dan berkomunikasi dengan saya amat sangat baik sehingga pada saat itu saya mengetahui bagaimana kondisi kelas tersebut dalam proses pembelajaran yang tentu saja sangat memudahkan saya dalam proses belajar kedepannya.

Pembelajaran yang saya laksanakan hingga berakhirnya semester sangat menyenangkan walau tentu saja banyak hambatan serta halangan yang terjadi dalam pelaksanaannya tetapi tentu saja menjadi pengalaman yang luar biasa dan berharga bagi saya selama masa perkuliahan ini. Kemudian saya juga memiliki kesempatan untuk mencoba bekerja di bagian manajemen milik sekolah mulai dari bagian huma yang dimana di humas SMK Negeri 12 Malang saya membantu para bapak-ibu guru yang bertugas pada bagian humas untuk membuat video mengenai profil sekolah, profil masing-masing jurusan yang ada pada SMK Negeri 12 Malang, serta aktifitas para mahasiswa Asistensi Mengajar yang yang dapat digunakan oleh tim humas SMK Negeri 12 Malang dalam mempromosikan sekolah. Sungguh pengalaman yang luar biasa saya bisa mengikuti program Asistensi mengajar, saya sebagai mahasiswa sungguh bisa mengaplikasikan sebagian besar materi materi yang sudah dapatSelama masa perkuliahan dan saya aplikasikan dalam proses saya melaksanakan pembelajaran. Sungguh ini merupakan pengalaman yang luar biasa yang akan saya terapkan seluruh hal baik nya untuk masa depan saya dalam berkarir.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun