literasi digital sebagai modal utama dalam membangun bisnis start upÂ
Revolusi industri 4.0 yang terjadi sekarang ini merupakan momentum yang menguntungkan bagi banyak pihak, khususnya generasi millennial. Teknologi internet, yang sebelumnya menjadi sarana pendukung telekomunikasi sebagian masyarakat, sekarang sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat yang berusia muda, yang secara popular disebut sebagai generasi millennial. Penggunaan internet yang sudah sangat meluas ini sesuai dengan laporan data Hootsuite dan We Are Social yang menyebutkan bahwa hingga bulan Januari 2021 pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna (Fonna, 2019).
Bisnis digital memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu keberhasilan usaha-usaha baru. Konsep ini sangat relevan untuk diimplementasikan di Indonesia terutama pada kampus-kampus yang memiliki bisnis menengah kebawah. Karena arah dan pengembangan inkubator bisnis ditujukan untuk membantu pelaku usaha baru dan pelaku usaha lama yang memiliki usulan produk dan jasa yang baru. Bisnis digital adalah meningkatkan atau mentransformasikan operasi bisnis, fungsi bisnis, proses bisnis atau kegiatan bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital dan penggunaan yang lebih luas. Pengembangan inkubator bisnis secara praktis mendorong penciptaan dan membantu pertumbuhan usaha baru secara khusus berkaitan dengan tema-tema inovasi dari suatu produk (Purnomo et al., 2020).
Literasi start up business merupakan hal baru, berdasarkan kumpulan literatur, peneliti mendefinisikannya sebagai kemampuan untuk mengetahui dan memahami segala hal yang berhubungan dengan start up business, memahami bagaimana konsep dasar dan cara memahami mengembangkannya, bagaimana hingga cara mengaplikasikannya (Urbayatun et al., 2018).
Definisi Bisnis Start up
Start up Business di definisikan sebagai kegiatan yang dilakukan Perusahaan dengan keterbatasan Sejarah, masih baru , yang biasanya mengenai pencarian produk dan pasar (Steiber & Abinge,2020) . Dimana tujuan tujuan dari bisnis start up adalah menemukan pasar yang cocok dengan produk dan jasa baru yang akan ditawarkan pengusaha yang berada dalam masa awal start up Business diibartkan sedang manjalani sebuah perjalanan  yang masih belum teridentifikasi serta terdapat hal-hal yang menakutkan dan mendebarkan sehingga diperlukan persiapan yang matang (Livano & Herdinata , 2014).
Peluang Bisnis Start Up  di Indonesia
Sejak teknologi internet berkembang pesat maka para strat up ini sukses mengembangjan rintisan usahanya dengan berbasis teknologi digital. Mereka memiliki peran yang sangat signifikan pada perekonomian start up terutama yang berbasis digital mampu memberi kontribusi sebesar 5,5% (Rp 814 triliun) pada produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di tahun 2018 . selain itu ekonomi digital mampu membuka lapangan pekerjaan kerja baru sebanyak 5,7 juta (Ratten & Usmanij , 2021).
Minat/niat mahasiswa dalam merintis bisnis start upÂ
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua mahasiswa mempunyai minat/niat untuk membangun bisnis start up kedepannya. Mereka menyatakan bahwa bisnis start up merupakan salah satu bisnis potensi dimasa yang akan datang dan akan menjadi salah satu penopang perekonomian bangsa.
Contoh Mahasiswa yang sukses merintis start up selama masih kuliah