Sudah hampir seperempat abad orang di seluruh dunia menggunakan Internet. Hingga saat ini, Internet telah digunakan oleh orang-orang dari segala usia dan generasi. Hasil riset Yahoo dan Taylor Nelson Sofres (TNS) Indonesia tahun 2009 menunjukkan bahwa pengakses terbesar di Indonesia adalah mereka yang berusia antara 15-19 tahun.Â
Dari 2.000 responden yang mengikuti survei ini, 64 persen adalah anak muda. Masih dari hasil penelitian yang sama, 53 persen anak usia 15-19 ternyata terbiasa mengakses internet dari warnet. Ini karena mereka memiliki lebih banyak waktu luang daripada pekerja.Â
Kemudian berdasarkan temuan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2010, total pengguna internet di Indonesia melebihi 40 juta pengguna. Dari jumlah itu, 64 persen adalah remaja. Menurut data terbaru dari riset Kemenkominfo dan UNICEF mengenai Pada era digital pada saat ini Internet rasanya sudah sangat mudah dijangkau dan melekat di dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi para kalangan remaja.Â
Namun pada jejaring internet yang disebut sosial media dan duniamaya ini pun tidak terlepas dari berbagai hal yang sangat bernilai negatif dan dapat menimbulkan dampak yang sangat buruk terhadap penggunanya. Pada usia menginjak remaja tentu sangat masih labil dalam hal apapun baik untuk mengambil keputusan dan melakukan apapun, tentu sangat dibutuhkan bimbingan orang tua untuk melakukan banyak hal.Â
Berdasarkan latar belakang pentingnya mengetahui dan memetakan perilaku remaja dalam mencari sumber informasi dan mengembangkan pemahaman melalui media Internet, maka permasalahan, penggunaan media dan cara media dikonsumsi.Dengan adanya rumusan yang menyangkut aktivitas bermedia untuk mengembangkan pemahaman dan jenis-jenis media yang digunakan, maka secara spesifik perumusan masalah dijabarkan menjadi
identifikasi permasalahan sebagai berikut:
1. Bagaimanakah penggunaan media Internet
untuk mencari informasi dan mengembangkan pemahaman yang dilakukan oleh remaja?
2. Bagaimanakah remaja mengukur tingkat kredibilitas media Internet sebagai sumber
informasi untuk memahami? Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
3. Bagaimanakah remaja mengolah dan mengaplikasikan informasi untuk