Mohon tunggu...
Yusep Hendarsyah
Yusep Hendarsyah Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer, Blogger, Bapak Dua Anak

Si Papi dari Duo KYH, sangat menyukai Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Catatan Perjalanan si Honda

18 Desember 2014   06:38 Diperbarui: 17 Juni 2015   15:04 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_383545" align="aligncenter" width="300" caption="sesi foto bersama di BBJ sebelum menuju lokasi "][/caption]

Indonesia adalah negeri yang sangat luas meliputi lautan dan daratan. Selama ber abad abad kita lebih mengedepankan potensi darat sebagai aktivitas utama masyarakat kita. Bisa kita lihat saat ini, jalanan di mana mana mengalami peningkatan jumlah populasinya. Kendaraan roda dua dan empat atau lebih menghiasi jalan jalan di negeri ini. Kemacetan  terjadi di mana mana.

Pun demikian dengan kendaraan yang kita sebut dengan sepeda motor (motor). Mobilitas yang tinggi, kemudahan akses jalan (kecuali jalan tol ) penghematan waktu dan harga yang terjangkau  menjadi pilihan masyarakat dalam  memilih kendaraan ini dibandingkan dengan kendaraan lainnya.

Saat ini, sepeda motor  dengan berbagai merek  dan varian pun tersebar di seluruh dunia, juga di Indonesia. Honda adalah salah satunya. Sepeda motor yang dikenal irit,”bandel”, awet dan spare part (suku cadang) yang mudah di dapat dan terjangkau harganya ini menjadi buruan kelas bawah hingga kelas atas . Meski demikian, hingga kini saya belum pernah sekalipun memiliki motor yang satu ini.

Undangan dari Wahana Makmur Sejati (WMS) bekerjasama dengan Kompasiana (Selasa, 16/12/2014) untuk melakukan kunjungan ke salah satu dari empat pabrik perakitan di daerah Ciakrang  tidak saya lewatkan. Alhamdulillah terpilih sebagai salah satu pesertanya .

PT. WMS , perusahaan  yang sering saya lihat di daerah Tangerang dan belakangan baru saya ketahui WMS adalah main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah  Jakarta dan Tangerang. Bayangkan seluruh Motor Honda yang beredar di Jakarta dan Tangerang  berasal dari Perusahaan ini yang dalam pendistribusiannya. Sekadar catatan beberapa kawan kantor yang memiliki Honda (terutama hal y type) merupakan pembelian/ kredit  dari PT ini.

Saat ini Kebutuhan market yang besar juga menuntut pabrikan  untuk menggenjot produksi secara nasional tiap tahunnya. Bukan hanya tiap tahun, bila di breakdown  dalam kenyataannya setiap 22  ( dua puluh dua ) detik sebuah motor  honda matic  telah berhasil di rakit dan siap di operasionalkan. Sungguh luar biasa bukan..?

14188673151638947988
14188673151638947988

Atas dasar itulah Saya dan Sekitar 20 kompasianer hadir dalam Honda factory visit ini. Bertempat di Pabrik yang sangat besar  berada di kawasan industri Cikarang Jawa Barat. Astra Honda Motor (AHM) yang merupakan pemilik saham sebesar 50 persen dan 50 persennya lagi dimiliki oleh  Honda Motor Co.Ltd Jepang. Menjadikan Sepeda Motor  Merek Honda  nomor wahid  dan terkenal di seluruh dunia.

Dengan Produk Scootic Type dan Kapasitas 2.400.000/tahun atau 9.600 unit /hari adalah sesuatu hal yang sangat wajar. Karena Land Area berkisar 300.000 meter persegi dengan building area sebesar  105.782 meter persegi. Ditopang dengan karyawan yang professional  sebanyak 9.042 orang.

[caption id="attachment_383555" align="aligncenter" width="300" caption="ikutan bergaya di arena koleksi motor honda lawas"]

14188676571065988814
14188676571065988814
[/caption]

Dari perjalanan selasa 16 Desember kemarin ,  kompasianer melihat keseluruhan proses produksi  perakitan motor Honda dan  didapatkan data dan fakta :

1.Produksi yang berkualitas, dalam hal ini adalah Honda Beat (matic) dirakit setiap harinya secara kontinu dan memenuhi standar internasional . Untuk hal ini banyak sekali penghargaan diberikan kepada Motor Honda.

2.Honda juga  menggunakan komponen yang  banyak berasal dari komponen lokal dan ini sesuai dengan AHM yang mempunyai visi  dan Misi sebagai  pemimpin pasar sepeda Motor di Indonesia dengan cara  merealisasikan mimpi / keinginan dan menciptakan hal yang disukai oleh konsumen, serta berkontribusi aktif dengan kegiatan yang positif di Masyarakat Indonesia.

3.Profesionalitas karyawannya sangat tinggi, aturan keselamatan ( zero accident ) terjaga  terutama perhatian akan bagian produksi yang butuh stamina dan jaminan kesehatan level tertinggi;

4.Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh AHM dan diejawantahkan oleh Main Dealer seluruh Indonesia menjadi bagian penting tersendiri dalam keberlangsungan produksi di masa depan.

5.Masa depan Karyawan yang ternyata adalah karyawan kontrak (selama dua tahun) dan bisa dijadikan karyawan tetap (sesuai peraturan ketenagakerjaan) terjaga. Profesionalitas hasil didikan Honda bisa bersaing paska selesai mengabdi bersama Honda.

Perjalanan yang cukup memberikan pengalaman berharga bagi kami para kompasianer bisa melihat langsung proses perakitan dari awal hingga akhir. Ditemani oleh Pak Aldi dan Pak Sakti selaku perwakilan dari AHM dan PT.WMS.

Terimakasih Honda, Terimakasih AHM, terimakasih PT.WMS dan juga Terimakasih Kompasiana. Jaya selalu.Aamiin

[caption id="attachment_383557" align="aligncenter" width="300" caption="foto bareng lagi..."]

1418867778442147493
1418867778442147493
[/caption]

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun