Hallo kompasianer! Dalam masa pandemi seperti ini kita harus selalu jaga kesehatan dan selalu menerapkan prokes ya! Btw saat ini kita mudah banget mendapatkan informasi yang kita mau, semua itu tentu berkat adanya media sosial. Nah kalian sudah tahu apa itu media sosial serta dampak terhadap kita para penggunanya? Kalo gitu, perkenalkan namaku Yurika Nurul Fauziah mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan akan sharing menurut pengalamku tentang Media sosial dan dampaknya.
Siapa sih yang tidak tahu media sosial? Semua pasti mengetahuinya. Sebelum lebih jauh, “Apa sih Media Sosial itu?”. Menurut Wikipedia media sosial adalah media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Media sosial memiliki berbagai ragam bentuk dan kegunaanya. Oleh karena itu, kegunaan sosial media dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.
Hal tersebut membawa sebuah perubahan di masyarakat, sehingga terjadi perubahan perilaku, peralihan budaya, etika dan norma yang ada. Hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan dan mengetahui media sosial. Mereka sering mendapatkan berbagai informasi dari media sosial. Informasi yang didapat tentu dari berbagai negara tanpa ada batasan ruang dan waktu. Hal ini didukung dengan canggihnya teknologi dan dengan adanya jaringan internet.
Sosial media dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan kegunaanya seperti untuk bersosialisasi, diskusi, sharing, sosial game dll. Saat kita ingin mengetahui sesuatu maka kita akan membuka dan mengakses Google kan? Nah google merupakan media sosial dalam mempublish berita-berita terkini serta banyaknya informasi yang dapat ditemukan. Hal ini memudahkan seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan informasi akan suatu hal.
Kuncinya agar bisa menggunakan sosial media adalah terhubung dengan jaringan internet. Selain google masih banyak media sosial tempat mempublish informasi-informasi up to date. Lewat media sosial, informasi lebih cepat diketahui masyarakat dari pada informasi yang ditayangkan di TV. Selain itu, seperti yang sedang tren di kalangan kaum milenial yaitu Instagram. Instagram merupakan media sosial untuk menjalin sosialisasi dengan orang lain dari mancanegara secara virtual. Media sosial ini dapat membuat nama seseorang menjadi di atas dan dikenal oleh lapisan masyarakat.
Di media sosial ini kita dapat membagikan moment yang mau kita bagikan agar orang dapat melihat moment tersebut lewat postingan yang kita share. Dengan begitu mereka yang melihat bisa mengapresiasi moment itu dengan memberi like dan komentar. Sehingga pembuat media sosial menciptakan hal tersebut dapat membuat seseorang merasa senang dengan like yang mereka dapatkan.
Terlebih pada saat ini instagram menjadi media untuk para content creator. Selain content creator banyak juga influencer yang menggunakan akun pribadinya untuk memengaruhi, mengajak serta berpartisipasi dalam berbagai hal. Para influencer dan content creator memanfaatkan media sosial sebagai media mereka dalam pekerjaannya dan menyebarluaskan informasi yang bermanfaat. Sehingga mereka di percaya sebagai influencer dan content creator yang dapat memberikan feedback yang baik. Mereka berhasil menarik masyarakat untuk mengikuti dan menonton moment- moment yang mereka bagikan di akun pribadinya.
Hal ini membuat followers mereka menjadi banyak dan menarik para pelaku bisnis online yang ingin mempromosikan produk mereka. Kegiatan seperti ini dapat menguntungkan kedua belah pihak. Penyebaran informasi di instagram ini terbilang lebih membawa pengaruh yang besar, karena mudah diakses dan berbagai usia pun dapat menggunakan instagram. Tak heran jika saat ini banyak banget pengguna instagram. Hampir 24 jam ratusan juta manusia mengakses beberapa jam instagram dalam 1 hari. Akan tetapi media sosial sebagai sosialisasi tidak hanya Instagram, tapi ada juga Facebook, Twiter dan yang sedang trend juga yaitu Tiktok. Beberapa media sosial untuk bersosialisasi yang kita kita kenal hanya segitu, namun banyak media sosial lain yang tidak pernah di akses.
Ditengah kondisi pandemi seperti ini, semua dianjurkan harus dilaksanakan secara daring. Peran media sosial dalam hal ini adalah mengatasi solusi secara virtual. Kegiatan yang serba virtual ini dimudahkan dengan media sosial seperti pada bidang pendidikan, sosial, perekonomian, politik dll. Pendidikan saat ini sangat membawa perubahan, seperti kegiatan tatap muka yang dialihkan secara virtual lewat media sosial seperti google meet dan zoom meeting. Kedua media sosial itu memberikan manfaat bagi bidang pendidikan, dimana mereka bisa bertatap muka secara tidak langsung walaupun secara virtual. Selain bisa tatap muka, dalam satu ruang virtual dapat lebih dari 100 orang. Akan tetapi, jaringan internet sangat mempengaruhi kelancaran media sosial ini.
Pemakaian media sosial ini harus di perhatikan berbagai kendala yang akan terjadi saat berlangsungnya ruang virtual. Selain di gunakan di bidang pendidikan, sering digunakan di berbagai bidang lainnya untuk kebutuhan meeting atau biasa digunakan dalam recruitment dalam interview pekerja. Sosial media ini sangat berpengaruh di masa pandemi yang membatasi seluruh masyarakat untuk melakukan aktivitas diluar ruangan dan mengalihkannya secara daring.
Bicara media sosial ditengah pandemi, hampir semua media sosial diakses tiap hari oleh kaum milenial, entah untuk kebutuhan khusus, bisnis, tuntutan kerja dll. Penggunaan media sosial jauh lebih meningkat saat karantina dimana seluruh masyarakat dihimbau untuk dirumah saja. Dari mulai diskusi, sosialisasi sampai media game pun banyak diakses.
Media sosial memang dapat diakses tanpa ada batasan usia.