Mohon tunggu...
Henry Yuono
Henry Yuono Mohon Tunggu... -

SEO analyst, Digital strategist, Stock and Business lover http://www.henryyuono.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Belajar Internet Marketing dan Cara SEO Gratis ( seri 1 )

4 Desember 2012   11:55 Diperbarui: 24 Juni 2015   20:12 445
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mari kita mulai seri 1 dari belajar internet marketing dan cara SEO gratis ( seri 1 ), seperti yang sudah saya bahas minggu lalu bahwa KERJA KERAS DAN FOKUS adalah landasan untuk belajar internet marketing ini, tapi di seri 1 ini saya akan bahas lebih ke arah teknis. dalam SEO, ada 3 hal penting yang sangat perlu kita perhatikan 1. Keyword analysis ( pencarian dan analisa keyword yang sesuai dengan bisnis anda ) 2. SEO on page ( penempatan keyword yang sudah anda cari di step 1, dan anda taruh di website anda ) 3. SEO off page ( link building ke website lain untuk menambah kualitas link anda ) Di seri 1 ini, kita akan membahas step 1 terlebih dahulu 1. Keyword Analysis Google mempunyai database website sedunia yang mereka kumpulkan datanya melalui satu program yang mereka ciptakan sendiri yaitu google spiderbot. tugas spiderbot ini  adalah melakukan sensus atau pendaftaran para website yang baru ataupun lama dengan cara "membaca" keyword dan link yang ada di website kita semua. Contoh: semisal kita punya bisnis "tahu goreng" lalu di website kita, kita bahas tentang "tahu goreng" ( ya logika donk, kalo website kita jualan tahu goreng ya bahasnya tahu goreng donk?! belum tentu, nanti akan saya jelaskan lebih lanjut trik2 yang dipaaki untuk berjualan menggunakan SEO ini) Nah, spiderbot ini melakukan sensus kan dengan baca keyword, maka kita HARUS mempunyai keyword yang tepat untuk ditaruh di website kita, karena semisal kita berjualan tahu goreng maka kita harus analisa benar sebenarnya yang orang2 cari di GOOGLE yang sehubungan dengan tahu goreng ini apa si? Contoh kasus: semisal orang orang di GOOGLE carinya malah tentang " tahu gejrot" sementara kita bahas tentang "tahu goreng" maka kemungkinan kecil website kita akan didatangi oleh visitor Itulah mengapa penting sekali sebelum kita mengisi website kita dengan tulisan tulisan, adalah penting untuk kita menganalisa dulu keyword-keyword apa saja si yang ditulis sama para pengguna google sehubungan dengan bisnis kita. Masuk ke studi kasus : BAJU ok, kita ambil saja kasus BAJU untuk kita telaah lebih lanjut, semisal anda suka dengan fashion dan ingin berjualan baju online, keyword apa yang harus kita taruh di website kita? ada TOOLS yang free dan sangat berguna untuk kita gunakan https://adwords.google.com/o/KeywordTool ( saya langsung direct link kan link di atas untuk anda bisa langsung mencobanya bersama saya dan mari kita bahas bareng) di tools tersebut kita bisa melihat kuranglebihnya , pengguna GOOGLE itu mengetik apa si kalo mereka sedang di GOOGLE mencari baju kita lihat yuk [caption id="attachment_227521" align="aligncenter" width="627" caption="google keyword tools"][/caption] kalo kita berkunjung ke google keyword tools, maka kurang lebih tampilannya seperti di atas a. masukkan keyword "baju" masukin dulu saja yang paling general sesuai dengan bisnis anda untuk melihat masukan dari google untuk keyword yang berkaitan b. masukkan lokasi dan bahasa " indonesia" karena kita asumsikan kita menarget mereka yang ada di indonesia dan berbahasa indonesia karena demografi pengguna internet indonesia didominasi dengan mereka yang menggunakan bahasa indonesia c. klik telusuri Setelah klik telusuri,maka hasilnya akan seperti dibawah ini [caption id="attachment_227522" align="aligncenter" width="658" caption="hasil keyword baju"]

13546215822000545018
13546215822000545018
[/caption] saya printscreen saja hasil yang teratas ya, bisa dilihat sendiri kalo hasilanya sangat banyak sekali ada 100 keyword yang disarankan oleh google untuk ditaruh di website kita, sekarang adalah tugas kita untuk memilahnya. Biasanya saya lebih berpatokan pada angka " penelusuran bulanan lokal " karena lebih relevan dengan market kita bila kita memakai hanya market negara kita sendiri, sementara "penelusuran bulanan global" lebih mengarah kepada pencarian yang dilakukan oleh user di seluruh dunia :) mari kita memilah dahulu 1. biasanya saya lebih memakai keyword dengan pencarian di antara angka sekitar 60.000 - 3.000an, angka di luar itu saya hapus saja karena lebih besar dari 60rb biasanya persaingannya sudah berdarah2 dan di bawah 3000an terlalu sedikit usernya 2. setelah kita pilah keyword seperti di nomor satu, kita hilangkan lagi keyword yang tidak sesuai dengan bisnis kita , semisal kalian ingin berjualan " baju muslim" maka jika google menyarankan " baju pramuka" mohon keyword " baju pramuka " dihilangkan setelah kita pilah pilah maka biasanya akan muncul sekitar 40 keyword yang relevan ke kita, dan akan kita pilah lagi. sudahkah anda coba? mari dicoba dulu, kalo sudah dipilah2, silahkan tulis di komen apa permasalahan di seri 1 ini untuk anda dan apa keyword anda,untuk kita bisa analisa bareng :) Saya akan melanjutkan di seri 1.2 ya, karena harus pergi dahulu, mohon ditunggu kelanjutannya 087851561005 pin BB : 2939458C FB: /henryyuono twitter : @yuono

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun