Menghadapi sejumlah peserta pelatihan Menjual efektif bagi penjual penjual yang dianggap unperfomed atau yang dianggap berkinerja tidak terlalu  baik, seringkali ditemukan kesamaan fenomena. Fenomena tersebut adalah "miskin" nya mereka dengan data base yang menyebabkan aktivitas menjual mereka berjalan tidak optimal.Â
Hubungan aktivitas menjual dengan data base, seringkali di dalihkan mereka seperti hubungan telur dengan ayam. Bagaimana data base ada kalau tidak ada aktivitas. Bagaimana ada aktivitas kalau tidak ada data base.Â
Wah...wah... wah, kalau sudah begini, gimana nih...
Pastinya, data base itu ada tidak mungkin datang sendiri. Difinisi data base yang sebenarnya adalah orang yang sudah pernah mendapatkan presentasi ringkas dari produk Anda. Nah bagaimana mendapatkan data base seperti ini. Ada banyak cara sebenarnya. Diantaranya adalah :
1. Canvasing.Â
Methode canvasing adalah methode yang paling mudah di lakukan. Anda cukup mendatangi sejumlah orang dan sampaikan feature produk yang paling bermanfaat buat mereka. Selanjutnya Anda tinggal sempurnakan interaksi nya. Jika ada yang menolak, segera tinggalkan dan temukan prospek lainya.Â
2. IMF
Kelompok kedua ini maksudnya adalah "Ibu, Mertua, Famili". Yah...lingkar keluarga Anda dari yang terdekat sampai yang terjauh kekerabatannya. Dari tetangga sampai alumni termasuk semua yang ada di WA group Anda. Mereka ini bisa Anda hubungi melalui Wa dengan pesan pribadi atau akan lebih baik Anda datangi langsung.Â
Bagaimana komunikasinya, sama saja. Sampaikan feature produk Anda yang paling bermanfaat untuk mereka
3. Siapa saja yang berhubungan dengan Anda
Anda pasti berhubungan dengan banyak orang setiap hari. Ketika Anda membeli peralatan pancing misanya, pemilik/penjaga toko  pancing adalah orang yang juga Anda bisa jelaskan manfaat produk Anda kepada mereka