Terdapat 4 elemen instruksional utama yang dapat disesuaikan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam pembelajaran berdiferensiasi, yakni: konten, proses, produk, dan lingkungan belajar. Dengan membedakan setiap elemen ini, guru dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih inklusif dan bermakna bagi semua siswa. Berikut penjelasan singkat tentang masing-masing elemen:
1. Konten
Merupakan materi atau isi pembelajaran yang diajarkan kepada siswa. Guru dapat menyajikan konten yang berbeda atau menggunakan bahan pembelajaran yang beragam sesuai dengan tingkat pemahaman, minat, atau gaya belajar siswa.
2. Proses
Merujuk pada cara guru menyampaikan materi dan cara siswa berinteraksi dengan materi tersebut. Guru dapat menggunakan berbagai metode pengajaran, strategi, atau teknik untuk memfasilitasi pemahaman siswa yang beragam.
3. Produk
 Mengacu pada hasil atau karya yang dihasilkan oleh siswa sebagai bukti pemahaman mereka terhadap materi. Guru dapat memberikan pilihan dalam cara siswa mengekspresikan pemahaman mereka, sehingga memungkinkan mereka untuk menunjukkan keterampilan dan minat mereka yang unik.
4. Lingkungan Belajar
 Meliputi ruang fisik dan psikologis di mana pembelajaran terjadi. Guru dapat menyesuaikan lingkungan kelas, struktur waktu, dan dukungan sosial untuk mendukung kebutuhan beragam siswa.
Dengan memahami dan mengadaptasi keempat elemen ini sesuai dengan kebutuhan siswa, guru dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih efektif, inklusif, dan bermakna.