Mohon tunggu...
Yunita ita
Yunita ita Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Semangat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Edukasi Pencegahan Covid-19 pada Masyarakat

29 Desember 2020   15:27 Diperbarui: 29 Desember 2020   21:49 248
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pandemi Covid-19 menimbulkan banyaknya penutupan berbagai sektor untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Hal tersebut berdampak pada ditutup dan dialihkannya banyak sektor guna meminimalkan ancaman transmisi Covid-19 (Fachriansyah, 2020; Angdhiri, 2020 dalam Perdana, 2020). Salah satunya penutupan sarana publik seperti sekolah, yang berdampak terpaksa harus melakukan pendidikan jarak jauh melalui pembelajaran secara daring.

     Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan media online seperti jejaring internet sebagai media pembelajaran, secara jarak jauh (Nadia, 2020). Pembelajaran seperti ini menjadi tantangan baru bagi para guru, karena diperlukan pemilihan strategi pembelajaran yang dapat menunjang proses berjalannya pembelajaran (Nadia, 2020). Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mengembangkan proses pembelajaran agar tetap dapat diperoleh dan dimengerti oleh peserta didik. Selain guru, peran orang tua sangat andil terhadap proses pembelajaran peserta didik, terutama anak -- anak. Anak cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, disini lah peran utama orang tua dalam mendidik anak agar dapat membagi waktu untuk belajar dan tidak merasa jenuh, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan baik dan anak tetap dapat memahami materi yang disampaikan. Orang tua juga diharapkan dapat memberikan edukasi terhadap anak- anak mereka untuk memahami kondisi pandemi Covid-19 ini.

     Oleh karena itu, diperlukan penanggulangan dampak Covid-19 di Indonesia pada bidang pendidikan. Salah satunya yang diselengarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dengan tema pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19. Di dalam program tersebut mahasiswa melaksanakan berbagai kegiatan, seperti mendampingi guru dalam proses pembelajaran, membantu membuat media pembelajaran, ikut mendampingi orang tua peserta didik dalam proses pembelajarannya, membantu adminitrasi sekolah dan kegiatan -kegiatan lainnya secara online dalam upaya pencegahan dan penanggulangan covid-19.

     Dalam program upaya pencegahan Covid-19 yang masih menjadi bagian dari KKN ini, sasaran yang dipilih oleh penulis yaitu peserta didik dari Taman kanak - kanak. Hal tersebut dikarenakan anak -anak merupakan salah satu jenjang yang rentan terhadap penularan Covid-19. Untuk membantu guru dan orang tua dalam mencegah covid-19 anak -anak diberi media edukasi yang menarik seperti video, nyanyian, gambar -gambar sehingga mudah dipamahi. Selain itu, membagikan masker dan hand sanitizer bagi anak - anak juga diperuntukan sebagai bentuk perlindungan dalam mencegah covid-19. Masker dibuat dengan motif yang menarik bagi anak -anak, begitu pula dengan desain kemasan hand sanitizer.

     Media edukasi pencegahan Covid-19 dibagikan pula pada masyarakat. Hal ini bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat tentang Covid-19, dengan begitu diharapkan masyarakat dapat lebih memahami bahaya pandemi ini dan dapat memunculkan kesadaran untuk selalu patuh terhadap protokol kesehatan. Media edukasi berupa poster, spanduk dan video dibagikan pada masyarakat baik secara online maupun offline. Secara offline, pemasangan spanduk dapat berkerjasama dengan RT sekitar lingkungan rumah.

     Kegiatan KKN Tematik II dilakukan oleh lebih dari tiga ribu lebih mahasiwa UPI yang tersebar di seluruh Indonesia. Kegiatan - kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan guru, orang tua dalam memberikan edukasi pada anak dan membantu masyarakat dalam upaya mencegah dan menanggulangi dampak Covid-19. Hal ini juga merupakan salah bentuk pengabdian pada masyarakat yang menjadi dasar tridarma perguruan tinggi.

REFERENSI                                   

Perdana, Nicku Rendy. (2020). Memberdayakan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Refleksi Pembelajaran Jarak Jauh oleh Para Pelajar). Universitas Indonesia

Nadia. (2020). Sistem Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Pada Era Covid-19. Program Studi Pendidikan IPS, FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun