Teman-teman semua pasti sangat bercita-cita memiliki perusahaan dengan reputasi yang baik bukan? Atau bermimpi untuk bekerja di perusahaan yang mempunya reputasi baik?
Reputasi yang baik adalah impian bagi semua perusahaan. Hal tersebut dapat diperoleh dari adanya Produksi Perusahaan yang baik, kerja keras setiap anggota perusahaan, dll. Reputasi tidak bisa diperoleh dalam waktu singkat karena harus dibangun bertahun-tahun untuk menghasilkan sesuatu yang bisa dinilai oleh publik. Salah satu faktor pendukung untuk membuat reputasi yang baik adalah dengan memiliki Humas yang baik dalam sebuah perusahaan.
Menurut Scott M. Cutlip dan Allen H. Center, Humas merupakan fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk memperoleh pengertian, pemahaman, dan dukungan dari publiknya.
Saat ini sudah banyak sarjana Komunikasi yang mengidamkan menjadi Humas di perusahaan. Humas harus mengerti tentang apa yang dibutuhkan oleh pihak internal atau eksternal perusahaannya. Kunci menjadi seorang PR yang baik adalah Komunikasi. Perusahaan akan berjalan dengan baik jika memiliki komunikasi yang baik didalamnya.
Dalam perusahaan, komunikasi antara manajer dengan karyawan (vertical) ataupun karyawan dengan karyawan (horizontal) harus dibina secara baik. Humas adalah seseorang yang bertugas untuk menghubungkan komunikasi tersebut agar terciptanya komunikasi dua arah. Karena pada dasarnya, perusahaan maju bukan hanya peran satu individu saja, tetapi karena peran dari semua pihak didalam organisasi. Dengan komunikasi yang baik didalam internal perusahaan, akan lebih mudah menciptakan komunikasi yang baik pula dari pihak eksternal.
Banyak kasus, karyawan perusahaan seringkali frustasi akibat kurangnya pemahaman terhadap tugas yang diberikan dari atasannya. Atasan sering memerintah bawahannya, dengan memberikan tugas yang berat dan tidak dijelaskan sehingga para bawahan terkadang tidak faham dengan tugas yang diamanahkan kepadanya. Hal tersebut dapat memicu adanya salah faham. Tidak inginkan anda mengalami kejadian tersebut? Humas yang handal akan bisa menjadi jembatan antara pimpinan perusahaan dan karyawannya dan hal tersebut dapat diperoleh dengan komunikasi yang baik didalam organisasinya.
Lalu apa kaitannya Humas dengan Reputasi? Komunikasi yang baik antara pihak eksternal dan internal yang diciptakan Humas akan mewujudkan reputasi yang baik. Dengan reputasinya yang baik, perusahaan Anda akan lebih dipercaya oleh public. Kepercayaan yang lebih baik dari public akan mendapatkan pembelian yang lebih banyak dari pelanggannya dan pastinya akan menambah keuntungan perusahaan anda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H