Assalamualaikum Wr.Wb
Salam dan Bahagia pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini izinkan saya memuat artikel tentang Mulai dari Diri Modul 2.1. Pada Kegiatan pembelajaran Modul 2.1 ini, peserta Calon Guru Penggerak mendapatkan tugas untuk merefleksikan pertanyaan pemantik bagaimana seorang guru dapat mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar murid-muridnya yang berbeda-beda?
Berikut sebagai contoh untuk menjawab pertanyaan tersebut:
Refleksi Individu
Sekolah yang saya ampu saat ini terdiri dari murid-murid dengan latar belakang yang beraneka ragam, mulai dari kemampuan akademik, gaya belajar, minat, hingga budaya. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi saya sebagai guru untuk memastikan bahwa semua murid dapat belajar dengan baik.
Untuk melayani kemampuan murid yang berbeda, saya melakukan beberapa hal berikut :
- Melakukan asesmen awal pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar murid. Sebagai guru, kita bisa menggunakan beberapa tahapan/metode untuk mengetahui kemampuan dasar murid dan kebutuhan belajar murid, seperti tes awal, wawancara, dan observasi. Hasil analisis kebutuhan belajar tersebut kemudian bisa kita gunakan untuk menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid, kita bisa mengetahui kemampuan akademik, gaya belajar, dan minat murid.
- Mengembangkan rencana pembelajaran yang bervariasi, Â misalnya memberikan kesempatan kepada murid untuk memilih kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Contohnya, untuk materi pelajaran seni budaya, saya menyediakan pilihan kegiatan pembelajaran, seperti melakukan kegiatan pembelajaran out door class, melukis, membatik dan lain-lain.
- Memberikan dukungan/motivasi dan pendampingan kepada murid yang membutuhkan, misalnya memberikan perhatian khusus kepada murid yang mengalami kesulitan belajar, saya memberikan bimbingan dan pendampingan kepada murid baik secara individu maupun dalam kelompok.
Untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid, saya telah melakukan beberapa hal berikut :
- Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, aman, dan nyaman. Hal ini bertujuan agar murid dapat belajar dengan lebih baik.
- Menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran yang variatif sehingga bisa untuk memicu minat dan motivasi belajar murid.
- Melakukan komunikasi yang baik dengan murid dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan dan kebutuhan mereka dalam belajar.
Ada perlakuan yang berbeda yang saya lakukan terhadap murid, yaitu :
- Memberikan kesempatan atau tambahan waktu kepada murid yang membutuhkan dalam menyelesaikan tugas mata pelajaran yang saya ampu
- Memberikan tugas sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan murid.
- Memberikan bimbingan dan pendampingan secara individu maupun kelompok.
- Perlakuan yang berbeda tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua murid dalam belajar dan berkembang.
Tantangan-tantangan yang saya hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid saya tersebut antara lain :
- Murid dengan tingkat kemampuan akademik yang beragam, hal ini dapat menimbulkan perbedaan yang cukup signifikan terhadap proses belajar antar murid.
- Murid yang memiliki latar belakang dan budaya yang berbeda, hal ini dapat menimbulkan perbedaan cara belajar antar murid.
- Murid istimewa (kebutuhan khusus), hal ini memerlukan penanganan khusus agar murid dapat belajar dan berkembang dengan baik.
Untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, saya telah melakukan beberapa tindakan berikut, diantaranya :
- Berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk mengembangkan rencana pembelajaran yang sesuai dengan semua kemampuan murid.
- Melakukan bimbingan secara individual kepada murid yang membutuhkan.
- Memanfaatkan teknologi untuk membantu murid belajar secara mandiri.
- Memberikan dukungan dan pendampingan kepada murid yang membutuhkan.
- Bekerja sama dengan orang tua murid.
- Meningkatkan kompetensi diri sebagai guru.
- Melakukan perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar murid.
- Melakukan kegiatan pembelajaran yang variatif.
Menurut saya, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, pembelajaran itu seharusnya dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi dengan cara berikut :
- Kegiatan pembelajaran harus dirancang dengan berpusat pada murid. Hal ini berarti pembelajaran harus disesuaikan dengan keragaman murid, mulai dari kemampuan akademik, gaya belajar, minat, hingga budaya.
- Pembelajaran harus dilakukan dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang variatif sehingga bisa memicu minat dan motivasi belajar murid.
- Pembelajaran dilaksanakan secara fleksibel agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan murid.
- Pembelajaran harus dievaluasi secara berkelanjutan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan belajar murid dan untuk melakukan perbaikan pembelajaran selanjutnya.