Mohon tunggu...
Yunita Maharani
Yunita Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang

Saya merupakan seorang Mahasiswi dari Universitas Muhammadiyah Malang, Fakultas FEB Prodi Ekonomi Pembangunan. Saya hobi memasak dan mencoba hal hal yang baru mengenai bisnis kuliner

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

PMM Bhaktiku Negeri Kelompok 5 Gelombang 3, Gelar Sosialisasi Pembayaran Digital dan Pembuatan Akun Qris untuk UMKM

23 Agustus 2024   20:00 Diperbarui: 23 Agustus 2024   20:06 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MALANG (5/8/2024), Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah melakukan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), sebuah inisiatif yang dirancang untuk membantu masyarakat melalui tindakan individu atau kelompok. Sebagai bagian dari komitmen UMM terhadap Pengabdian Masyarakat , inisiatif ini diawasi oleh Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. (DPPM).

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kegiatan ini dilaksanakan oleh kelompok 5 gelombang 3 dengan beranggotakan 4 Mahasiswa UMM yaitu Muhammad Hayyan Zaky, Yunita Maharani, Alisa Fatin Sabreena, Ahmad Ahsanur Rizqi yang dibimbing oleh Dosen Lapangan Dwi Ratna Indri Hapsari, S.H., M.H. Sosialisasi metode pembayaran digital  dan sosialisasi pembuatan Qris di Desa Tajinan, Kec. Tajinan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

PmmUmm Tajinan5
PmmUmm Tajinan5

Di era digitalisasi, kita harus tetap mengikuti perkembangan teknologi seiring dengan kemajuan yang terjadi dan kehidupan kita yang semakin kompleks. Untuk membuat transaksi QR Code lebih sederhana, lebih cepat, dan lebih aman, Bank Indonesia mengembangkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), sebuah standar pembayaran yang menggunakan teknik QR Code. Semua aktivitas atau transaksi pembelian dan penjualan yang dilakukan menggunakan media elektronik disebut sebagai perdagangan elektronik, atau e-commerce. (internet). Tujuan dari strategi ini adalah untuk menciptakan program pembayaran digital yang akan membantu UMKM dengan opsi pembayaran dan mendorong pengembangan situs e-commerce seperti Shopee, yang akan membantu perusahaan lokal berkembang dan tetap kompetitif. Ini akan meningkatkan aksesibilitas produk dan layanan lokal kepada pelanggan di seluruh negeri dan membantu mereka menjangkau pasar yang lebih luas.

PmmUmm Tajinan5
PmmUmm Tajinan5

UMKM di Desa Tajinan dan UMKM lokal lainnya perlu menyesuaikan diri dengan era digital akibat kemajuan teknologi yang pesat. Dengan bantuan teknologi digital seperti e-commerce dan pembayaran QRIS, inisiatif ini bertujuan untuk membantu UMKM lokal menjadi lebih kompetitif dan berkembang.

PmmUmm Tajinan5
PmmUmm Tajinan5

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun