Dekrispsi pekerjaan adalah pernyataan, informasi mengenai sebuah tugas atau tanggung jawab berdasarkan jabatan atau pekerjaan yang dilakukan yang tersusun secara teratur, detail dan jelas di dalam organisasi maupun di perusahaan. Deskripsi pekerjaan sangat penting untuk perusahaan. Mengapa penting? Karena untuk menghindarkan adanya terjadi perbedaan seperti pembagian tugas yang kurang adil , ataupun adanya perbedaan antara tanggung jawab maupun wewenang pada jabatan masing-masing.
Dekripsi pekerjaan ini juga punya manfaatnya , diantaranya :
a. Untuk mengindari adanya perbedaan tanggung jawab ataupun wewenang satu sama yang lain
b. Membantu karyawan dalam meningkatkan jenjang karir ataupun promosi lainnya
c. Membuat perencanaan untuk organisasi ataupun tim agak bisa lebih baik lagi prosesnyaÂ
d. Membantu memperbaiki hal-hal yang kurang efisien di perusahaan seperti prosedur yang menyimpang, cara kerja, metode kerja agar leboh efektif dan efisien
Diharapkan dengan adanya dekripsi pekerjaan yang ada di perusahaan , maka tugas, tanggung jawab, dan wewenang karyawan yang satu maupun yang lain bisa selaras dan tidak adanya kesalapahaman.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H