Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi : SMP NEGERI 6 PULAU-PULAU TERSELATAN
Lingkup Pendidikan : SMP NEGERI 6 PULAU-PULAU TERSELATAN KELAS IX
Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisi struktur teks pidato persuasif dan menyusun teks pidato persuasif dengan menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik dan model pembelajaran PBL serta metode pembelajaran diskusi, tanyajawab dan penugasan
Penulis :Safri Pento
Tanggal : Rencana Aksi Satu : 01 September 2022
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah:
- Peserta didik kurang kosentrasi konsentrasi selama pembelajaran berlangsung
- Peserta didik kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran
- Pembelajaran yang berpusat pada guru
- Guru kurang mampu dalam memilih dan menerapkan metode dan model pembelajaran yang tepat
- Guru kurang mampu dalam merancang media pembelajaran yang menarik
- Peserta didik mengalami kesulitan dalam mengikuti metode dan model pembelajaran yang diterapkan selama proses pembelajaran
- Peserta didik kurang menguasai perbendaharaan kata
Kondisi tersebut setelah ditelusuri dan dianalisis disebabkan oleh guru kurang mampu dalam memilih dan menerapkan model dan metode pembelajaran yang tepat, guru kurang mampu dalam merancang media pembelajaran yang manarik, dan pembelajaran yang berpusat pada guru serta peserta didik kurang kosentrasi dalam mengikuti pembelajaran.
Paktik baik ini sangat penting  dilakukan untuk menunjukan praktik baik yang sudah dilakukan dalam proses pembelajaran, berbagi pengalaman kepada rekan-rekan sejawat dalam rangka meningkatkan motivasi bagi rekan sejawat untuk melakukan dan memberikan yang terbaik bagi peserta didik