Walikota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto telah menyatakan komitmennya untuk terus mendorong brand-brand lokal yang dimiliki Makassar ke kancah nasional. Hal ini telah menjadi komitmen Pemerintah Kota Makassar dalam mendukung usaha-usaha kecil dan menengah masyarakatnya.
Komitmen ini secara langsung disampaikan Danny pada peresmian gedung baru Warung Kopi (Warkop) Azzahrah di Jalan Bandang, beberapa waktu lalu. Sebelumnya, Danny memang telah melaunching 10 ikon kuliner khas Makassar di acara Makassar International Eight Festival and Forum atau Festival 8.
“Kita sudah launching 10 ikon kuliner khas Makassar,namun kurang lengkap kalau tidak ada juga minumannya. Maka itu, Pemkot mendorong brand-brand lokal makanan maupun minuman khas Makassar,” ujar Danny.
Memang jauh-jauh hari pemilik Warkop Azzahrah, Abdullah Umar telah meminta dukungan kepada Pemkot untuk mengembangkan usaha Warkop miliknya tersebut ke kancah nasional. Abdullah mengatakan warkop Azzahrah akan segera membuka cabang di luar Makassar dan berharap pemerintah memberi pengakuan brand tersebut sebagai brand lokal Makassar.
Sebagai pemimpin, sudah selayaknya untuk mendorong pelaku usaha kecil menengah di Makassar agar termotivasi dan memiliki optimisme kuat untuk terus berkarya menghasilkan ide dan inovasi kreatif di bidangnya masing-masing. Dengan demikian usaha yang digeluti bisa berdaya saing kuat serta memiliki daya tahan untuk bersaing secara nasional maupun global.
Abdullah juga yakin di Warkop inilah peradaban Makassar melambai, ekonomi bisnis diselesaikan, lobi-lobi politik jalan serta pejabat pemerintah bisa duduk sama rata dengan warganya ditemani secangkir kopi.
Ewako Makassar!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H