Mohon tunggu...
Yuliy Yuli
Yuliy Yuli Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa universitas Muhammadiyah Mataram

Hobi memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Piaget dan Vygotsky Serta Hubungannya dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak

16 Oktober 2024   10:25 Diperbarui: 16 Oktober 2024   11:13 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teori perkembangan kognitif Piaget dan Vygotsky memiliki perbedaan yang kontras, di antaranya: 

 

Peran budaya dan interaksi sosial

Piaget menekankan perkembangan individu melalui tahapan, sedangkan Vygotsky menekankan peran budaya dan interaksi sosial dalam perkembangan kognitif. 

 

Peran bahasa

Dalam teori Piaget, bahasa tidak memainkan peran utama, sedangkan Vygotsky menganggap bahasa sebagai salah satu alat budaya utama. 

 

Peran pembina atau guru

Piaget tidak menegaskan peran pembina atau guru, sedangkan teori Vygotsky sangat cocok diterapkan ke dalam strategi pengajaran. 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun