Selama pembelajaran di kelas guru diharapakan tidak hanya menyampaikan informasi (transfer ilmu) tetapi lebih jauh dari itu untuk mengembangkan potensi siswa untuk bisa terlibat selama proses pembelajaran, berpikir aktif dan kreatif. Hal ini menuntut pertanyaan yang diajukan guru tidak sekedar pertanyaan yang membutuhkan jawaban " benar, salah" atau "ya, tidak" namun diperlukan pertanyaan yang menuntut siswa berpikir kreatif.
Pertanyaan efektif yang diajukan guru sangat membantu siswa untuk terlibat aktif selama proses pembelajaran. Untuk membandingkan seperti apa pertanyaan efektif dan tidak bisa dibandingkan 2 contoh berikut:
1. Diketahui persegi panjang dengan panjang 12 cm dan lebar 4 cm, hitunglah luasnya
2. Tentukan ukuran persegi panjang yang luasnya 48cm^2
Dari dua contoh diatas terlihat jelas perbedaannya, pertanyaan nomor 1 semua siswa akan menjawab 48cm^2, tetapi pada pertanyaan nomor 2 kemungkinan jawaban siswa akan beragam misalnya 8 cm x 6 cm, 4 cm x 8 cm, 24 cm x 2 cm, 48 cm x 1 cm dan seterusnya.
Pertanyaan yang efektif mempunyai beberapa karakteristik dan sebagai guru harus memahami karakteristik tersebut diantaranya:
1. Menuntut siswa berpikir, tidak sekedar mengingat dan menyebutkan
2. Bersifat atau mengarah pada pertanyaan yang open-ended
3. Memungkinkan jawaban yang beragam
4. Memungkinkan siswa memaknai matematika dari proses menjawab pertanyaan tersebut
5. Memungkinan guru menilai secara holistik