PESERTA DIDIK KELAS IV FASE B MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA KONKRET PADA TOPIK A BAGIAN TUBUH TUMBUHAN DI UPT SATUAN PENDIDIKAN SDN BANJARIMBO I KECAMATAN LUMBANG KABUPATEN PASURUAN
MENINGKATKAN HASIL BELAJARMenggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran
Latar belakang
Situasi yang terjadi di lembaga saya mengajar adalah rendahnya hasil belajar peserta didik hal ini dikarenakan efek dari pandemi covid 19. Sekarang dalam masa peralihan dari pembelajaran daring ke tatap muka, dari sini diperoleh data peserta didik terjadinya perubahan sikap pada peserta didik yang berdampak pada pembelajaran. Oleh karena itu peserta didik merasa bosan pada saat pembelajaran di sekolah karena terbiasa bermain di rumah dengan temannya pada saat pembelajaran daring. Perubahan perilaku peserta didik dalam pembelajaran diantaranya:
Sehingga saya sebagai guru harus menerapkan pembelajaran yang inovatif, kontekstual dan dikolaborasikan dengan pembelajaran memanfaatkan TPACK ( technological knowledge, pedagogical knowledge and content knowledge )
Disini guru sudah menerapkan pembelajaran aksi 2 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dipadukan dengan pendekatan kontekstual menggunakan media konkret dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar. Hasil yang didapatkan pada pembelajaran aksi dua (2) peserta didik antusias dalam pembelajaran bagian tubuh tumbuhan, media yang digunakan juga efektif karena kita bisa menggunakan benda konkret di lingkungan sekitar, media tersebut juga tidak sulit dalam mencarinya karena peserta bisa mendapatkan media yang digunakan di lingkungan sekitar, selain itu guru juga menyediakan video pembelajaran yang berbasis TPACK, dengan harapan peserta didik bisa belajar dimanapun. Respon dari peserta didik media yang digunakan mudah dalamÂ
digunakan dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Respon dari orang tua sangat senang karena peserta didiknya diajarkan untuk mengenal bagian tumbuhan dan fungsinya sehingga peserta didik mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Respon dari teman sejawat bagus memadukan pembelajaran dengan lingkungan alam diharapkan kedepan peserta didik bisa memanfaatkan dan melestarikan lingkungan sekitar. Faktor keberhasilan dapat kita lihat di bawah ini: 1. Pada pembelajaran di luar kelas peserta didik sangat antusias dalam melakukan percobaan pembuktian akar menyerap air dan fungsi bagian tumbuhan, cara perkembangbiakan, serta mempertahankan diri. 2. Peserta didik berkolaborasi dalam mempresentasikan hasil kerjanya ( bernalaras kritis dan kreatif). 3. Suasana kelas menyenangkan, semua peserta didik aktif dalam pembelajaran. 4. Hasil evaluasi pada topik bagian tubuh tumbuhan dengan menggunakan model pembelajaran PBL yang diperoleh peserta didik melampaui KKM (70) sebesar 75% dari 8 keseluruhan peserta didik, sedangkan 25% peserta didik diberikan remidial.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H