Satu hal yang biasanya menjadi kendala guru dalam menjalankan pembelajaran adalah bagaimana cara penilaiannya apalagi dengan pembelajaran sentra. Cara yang seharusnya dilakukan guru adalah metode pengumpulan data yang sesuai dengan kerja guru yaitu observasi dan mencatat. Observasi yaitu proses memperhatikan anak melakukan kegiatan permainan tanpa mengganggu kegiatan anak. Sedangkan yang dimaksud mencatat adalah proses mendokumentasikan kegiatan atau perilaku yang teramati.
Dalam melakukan penilaian dengan cara Observasi terdapat beberapa teknik Observasi yaitu sebagai berikut :
1)Catatan Anekdot :Yaitu berupa catatan singkat yang berupa frase kejadian yang spesifik.
2)Catatan Harian : catatan ini dibuat diakhir kelompok dan perorangan. Catatan ini cenderung bersifat subyektif dari guru. Catatan ini berguna sebagai rfleksi guru untuk mengukur kesuksesan kegiatan dan evaluasi.
3)Periksaan kesehatan harian
4)Catatan frekuensi waktu: catatan ini berfungi untuk anak – anak yang sedang dilakukan treatment. Misalnya anak masih menangis ketika ditinggal ornag tua. Berapa lama ia mengis, kapan dan cara penyelesaiannya.
5)Portofolio : adalah rekaman yang dilakukan oleh anak berupa karya tulis, gambar atau cerita yang dituliskan oleh guru, kata yang telah ditulis.
6)Wawancara dan percakapan : kegiatan ini dilakukan secara terbuka oleh guru dan dilakukan dengan pertanyaan terbuka dan informal. Hal ini dikarenakan anak akan merasa lebih dekat dan merasa dihargai
7)Kemampuan baca tulis : pengamatan ini dilakukan untuk anak usia 4 tahun ke atas. Anak akan membaca buku yang disediakan dan secara alami dengarkan apakah yang dibaca sesuai dengan tulisannya.
Selain dengan penilaian observasi yang telah disebutkan di atas ada juga teknik pencatatan yang digunakan oleh guru untuk salah satu cara penilaian. Teknik Pencatatan adalah setiap guru memiliki cara tersendiri untuk mendokumentasikan hasil observasinya. Ada guru yang melakukan dengan cara mencatat pada kertas sehingga ia membawa pena dan kertas di sakunya. Dan setiap perkembangan anak akan direkam dalam catatan tersebut.
Dari data yang diperoleh melalui Observasi dan pencatatan di atas hasil observasi tersebut didiskusikan secara bertahap. Hasil evaluasi harian digunakan untuk pembelajaran hari berikutnya sedangkan hasil observasi bulanan digunakan untuk : 1) melihat adaptasi anak; 2) pengembangan minat anak; 3) pengelompokkan pada saat pembelajaran; 4)memodifikasi kegiatan dan 5) target tertentu untuk anak baik secara individu maupun kelompok; 6) berkonsultasi dengan ahli.
Dari beberapa proses penilaian di atas ada hal yang sangat penting yaitu adanya Laporan kepada orangtua. Karena pada dasarnya orangtua adalah pihak yang paling berhak mengetahui perkembangan anak – anak disekolah.
Yulia Suci Pranitasari ^-^
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H