Mohon tunggu...
yulianti sp4
yulianti sp4 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Mulawarman

Hobi bermain badminton terkadang bermain musik. merantau di Samarinda sejak tahun 2023, setahun sudah berkuliah di sini.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pengabdian Guru di Daerah Terpencil dan Tertinggal Akan Diapresiasi Kemdikbud

14 Desember 2024   08:00 Diperbarui: 14 Desember 2024   11:29 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penjemputan Siswa Sekolah di Desa Tani Baru Menggunakan Kapal Air, (Sumber: Liputan6.com) 

Di tengah hiruk pikuk kota metropolitan, di mana gedung-gedung menjulang tinggi dan teknologi merajalela, terlupakanlah sekelompok pahlawan tanpa tanda jasa yang berjuang di garis depan pendidikan: para guru di daerah terpencil dan tertinggal. Mereka, dengan penuh dedikasi, mengabdikan diri untuk mencerdaskan anak bangsa di pelosok negeri, di mana akses pendidikan masih terbatas dan fasilitas seadanya.

Pengabdian para guru di daerah terpencil dan tertinggal merupakan sebuah perjuangan yang tak kenal lelah. Mereka menghadapi berbagai tantangan, mulai dari medan yang sulit dijangkau, infrastruktur yang minim, hingga keterbatasan sumber daya. Namun, mereka tetap teguh dalam menjalankan tugas mulia mencerdaskan anak bangsa. Mereka adalah pelita harapan, yang menerangi jalan menuju masa depan yang lebih cerah bagi generasi penerus di daerah terpencil.

Sayangnya, pengabdian mereka seringkali tak mendapat apresiasi yang memadai. Gaji yang minim, fasilitas yang terbatas, dan minimnya penghargaan menjadi realita pahit yang mereka hadapi. Padahal, mereka adalah aset berharga bagi bangsa, yang berjuang untuk menjembatani kesenjangan pendidikan dan membangun generasi penerus yang berkualitas.

Oleh karena itu, sudah selayaknya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberikan apresiasi yang lebih nyata kepada para guru di daerah terpencil dan tertinggal. Apresiasi ini bukan hanya sekadar ucapan terima kasih, tetapi juga wujud nyata penghargaan atas pengabdian mereka. Ada beberapa bentuk apresiasi yang dapat diberikan Kemdikbud,

1. Peningkatan Kesejahteraan

Kenaikan Gaji, Gaji guru di daerah terpencil dan tertinggal perlu dinaikkan secara signifikan, sebanding dengan beban tugas dan tantangan yang mereka hadapi.

Tunjangan Khusus, Kemdikbud dapat memberikan tunjangan khusus bagi guru di daerah terpencil dan tertinggal, sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian mereka di medan yang berat.

Fasilitas dan PePerlengkapan, Fasilitas dan perlengkapan mengajar, seperti buku, alat peraga, dan teknologi pembelajaran, perlu ditingkatkan kualitasnya dan diakses secara merata di seluruh daerah, termasuk daerah terpencil dan tertinggal.

2. Pengembangan Profesional

Pelatihan dan Pengembangan Profesional, Kemdikbud perlu menyediakan program pelatihan dan pengembangan profesional yang terfokus pada kebutuhan guru di daerah terpencil dan tertinggal. Program ini dapat mencakup peningkatan kompetensi pedagogik, pengembangan metode pembelajaran yang inovatif, dan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi.

Beasiswa Studi Lanjut, Kemdikbud dapat memberikan beasiswa bagi guru di daerah terpencil dan tertinggal untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, guna meningkatkan kualifikasi dan profesionalitas mereka.

3. Peningkatan Infrastruktur

Pembangunan Sekolah, Kemdikbud perlu memprioritaskan pembangunan sekolah yang layak di daerah terpencil dan tertinggal, dengan fasilitas yang memadai untuk menunjang proses belajar-mengajar.

Peningkatan Akses Transportasi, Kemdikbud dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan akses transportasi menuju daerah terpencil dan tertinggal, sehingga memudahkan guru dalam menjalankan tugasnya.

Peningkatan Akses Internet, Kemdikbud perlu mendorong peningkatan akses internet di daerah terpencil dan tertinggal, agar guru dapat memanfaatkan teknologi pembelajaran dan mengikuti program pengembangan profesional secara daring.

4. Penghargaan dan Apresiasi

Penghargaan Nasional, Kemdikbud dapat memberikan penghargaan nasional bagi guru di daerah terpencil dan tertinggal yang berdedikasi tinggi dan berprestasi luar biasa.

Publikasi dan Dokumentasi, Kemdikbud dapat mempublikasikan kisah inspiratif dan prestasi para guru di daerah terpencil dan tertinggal, sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi guru lailainnya.

Program Kunjungan dan Apresiasi, Kemdikbud dapat menyelenggarakan program kunjungan dan apresiasi bagi para guru di daerah terpencil dan tertinggal, untuk memberikan pengakuan atas pengabdian mereka. Di beberapa daerah terpencil juga ada program guru penggerak yang diadakan oleh Pertamina Hulu Mahakam bekerja sama dengan Kemdikbud dan Indonesia Mengajar. Program ini diadakan untuk membantu para siswa yang ingin berkuliah melalui guru tutor dan seminar yang dilakukan untuk guru-guru yang ada di sekolah itu agar bisa mengajarkan dengan cara yang efektif dan mudah dimengerti.

Apresiasi yang diberikan Kemdikbud tidak hanya akan meningkatkan kesejahteraan dan profesionalitas guru di daerah terpencil dan tertinggal, tetapi juga akan memotivasi mereka untuk terus berjuang dalam mencerdaskan anak bangsa. Hal ini akan berdampak positif pada kualitas pendidikan di daerah terpencil dan tertinggal, serta pada pembangunan sumber daya manusia Indonesia secara keseluruhan.

Pengabdian para guru di daerah terpencil dan tertinggal adalah bukti nyata kecintaan mereka pada tanah air. Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang layak mendapatkan apresiasi dan penghargaan yang setara dengan pengabdian mereka. Semoga Kemdikbud dapat mewujudkan harapan para guru di daerah terpencil dan tertinggal, dengan memberikan apresiasi yang nyata dan berkelanjutan.

Selain itu, Kemdikbud juga dapat melibatkan masyarakat dalam memberikan apresiasi kepada para guru di daerah terpencil dan tertinggal. Misalnya, dengan mengadakan program adopsi sekolah atau guru, di mana masyarakat dapat memberikan bantuan berupa dana, fasilitas, atau tenaga sukarela untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar di sekolah tersebut.

Dengan adanya kolaborasi antara Kemdikbud dan masyarakat, diharapkan apresiasi yang diberikan kepada para guru di daerah terpencil dan tertinggal dapat lebih optimal dan berdampak positif bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Diharapkan, dengan adanya apresiasi yang nyata dari Kemdikbud, para guru di daerah terpencil dan tertinggal dapat terus termotivasi untuk mengabdikan diri dalam mencerdaskan anak bangsa. Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang layak mendapatkan penghargaan atas dedikasi dan pengorbanan mereka dalam membangun masa depan bangsa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun