PENULIS : Yuliana Diah Nugraheni
PENDAHULUAN
Salah satu problematika Pendidikan di Indonesia yang terbesar adalah rendahnya mutu pendidikan dasar di SD/MI yang sangat menentukan kelanjutan Pendidikan berikutnya.Pemerintah sesungguhnya telah mengupayakan berbagai kebijakan untuk mengatasi hal tersebut namun,terbukti belum signifikan.Di dalam lingkungan sekolah setiap warga sekolah pasti memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.Karakteristik itulah yang dapat mempengaruhi pembelajaran di sekolah.
 Karakteristik setiap siswa juga menjadi tolak ukur untuk guru mengenai perencanaan pembelajaran yang akan dibuat sesuai dengan karakteristik yang dimiliki oleh siswa.Oleh karena itu guru diharapkan untuk memahami karakteristik setiap siswa di dalam sekolah.Program pembelajaran di sekolah dasar akan berlangsung efektif jika sesuai dengan karakteristik siswa yang belajar.
PEMBAHASAN
A. Implikasi Karakteristik Peserta Didik terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar
- Â karakteristik anak usia SD adalah senang bermain,senang bergerak,senang bekerja dalam kelompok serta senang merasakan/melakukan sesuatu secara langsung.Oleh karena itu guru hendaknya mengembangkan pembelajaran yang mengandung unsur permainan,memungkinkan siswa berpindah atau bergerak dan bekerja atau belajar dalam kelompok sehingga memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam pembelajaran.
- Â Menurut Havighurst tugas perkembangan anak usia SD adalah sebagai berikut:
    a. Menguasai keterampilan fisik yang diperlukan dalam permainan dan aktivitas fisik
    b. Membangun hidup sehat mengenai diri sendiri dan Lingkungan
    c. Belajar bergaul dan bekerja dengan kelompok sebaya
    d. Belajar menjalankan peranan sosial sesuai dengan jenis kelaminÂ
    e. Mengembangkan keterampilan dasar dalam membaca,menulis,dan berhitung agar mampu berpartisipasi dalam masyarakat