Mohon tunggu...
Yuli Ana
Yuli Ana Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Program Studi Manajemen S1, Universitas Pamulang

Saya adalah tanggung jawab diri saya sendiri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Meningkatkan Penjualan Secara Online dengan Memanfaatkan Aplikasi Marketplace

3 Desember 2022   12:57 Diperbarui: 3 Desember 2022   13:11 236
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa yang dimaskud dengan strategi? Strategi adalah cara yang digunakan seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan atau memecahkan suatu masalah yang terjadi. Apa yang dimaksud dengan penjualan online? Penjualan online adalah pemasaran suatu produk ataupun jasa yang menggunakan media elektronik seperti gadget, laptop, dan lain sebagainya. Biasanya penjualan online memanfaatkan media sosial dan aplikasi marketplace untuk memasarkan produk yang dijual. Apa yang dimaksud dengan aplikasi marketplace? Aplikasi marketplace adalah sebuah platform atau sebuah wadah yang digunakan penjual untuk menjual barang-barang dagangannya. 

Berikut 12 Marketplace di indonesia yang paling laris berdasarkan data iPrice : 

1.Tokopedia 

Tokopedia adalah sebuah aplikasi marketplace yang menduduki posisi nomor 1 sebagai aplikasi marketplace terlaris di Indonesia. Untuk mendukung penjual berjualan di aplikasi ini, tokopedia menyediakan beberapa fitur yang dapat penjual manfaatkan yaiti fitur promosi, broadcast chat, statistik toko, harga keuangan dimana pebisnis bisa meminjam modal untuk mengembangkan usahanya.

 2.Shopee 

Shopee menempati posisi kedua terlaris yang sering dikunjungi konsumen setelah tokopedia, alasan konsumen menggunakan shoope ialah karena harga-harga produk di shopee dirasa terjangkau. Beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan penjual untuk menjual produk-produknya ialah diantaranya ShopeeLIVE, asisten penjual, chat bot, dan banyak lagi. 

3.Bukalapak

 Aplikasi marketplace online ketiga yang banyak dikunjungi konsumen ialah bukalapak, bukalapak memiliki sekitar 6 juta merchant yang menjual berbagai macam produk yang beragam. Beberapa fitur bukalapak yang dapat dimanfaatkan penjual dalam menjual produk-produknya ialah diantaranya e-commerce, produk digital, travel, otomotif, investasi, buka asuransi, media online, dan pinjaman. 

4.Lazada 

Aplikasi marketplace keempat yang banyak dikunjungi konsumen ialah lazada. Beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi ini ialah diantaranya sebagai berikut lazmall, brand untukmu, brand directory, lazmall murah nampol, dan tombol follow. 

5.Blibli 

Pada posisi kelima aplikasi marketplace yang sering dikunjungi konsumen ialah blibli. Beberapa fitur-fitur yang ada pada di blibli diantaranya blibli paylater, blibli mitra, blibli untuk creativepreneur, blibli work with FMCG, blibli logistics, blibli express service, asuransi pengiriman gratis, dan merchant care. 

6.Bhinneka 

Pada posisi keenam aplikasi marketplace yang sering dikunjungi konsumen ialah bhinneka, bhinneka memiliki banyak merchant yang menjual berbagai macam produk mulai dari otomotif, keperluan industry, dan lain-lainnya. 

7.Orami 

Selanjutnya, pada posisi ketujuh ialah aplikasi marketplace orami, sedikit berbeda dengan marketplace yang lain target pasar orami ialah orangtua dan ibu hamil. Beberapa kategori produk yang dijual pada aplikasi marketpace ini ialah produk untuk ibu hamil dan menyusui, perabotan kamar bayi, perawatan bayi & anak, mainan anak-anak, dan lain sebagainya. Beberpa fitur yang ada pada orami diantaranya shopping (belanja kebutuhan ibu dan anak), community (komunitas dan kelas parenting), articles (artikel parenting dan rumah tangga), rewards (rekomendasi merchant), growth tracker, tantangan belanja, dan express mart. 

8.Ralali 

Aplikasi marketplace ke delapan yang sering dikunjungi konsumen ialah ralali, beberapa kategori produk yang tersedia di ralali ialah keperluan horeca, bahan bangunan, peralatan kantor, dan lain sebagainya. 

9.JD.ID 

Pertama kali beroperasi di Indonesia pada November 2015, JD.ID menempati posisi kesembilan yang sering dikunjungi pelanggan. Beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi ini ialah diantaranya jd loyalty, jd.id affiliate, dan jd mart. 

10.Zalora 

Pada posisi kesepuluh yaitu aplikasi marketketplace zalora, yang menyediakan beragam jenis fashion dan kecantikan zalora.

 11.Sociolla 

Posisi selanjutnya ada sociolla, aplikasi marketplace ini menawarkan ptoduk kecantikan original seperti makeup, perawatan kulit, perawatan rambut, parfum hingga alat kecantikan. Tersedia beberapa fitur yang dapat penjual tawarkan ketika pembeli berbelanja di aplikasi marketplace ini diantaranya tersedia fitur voucher belanja, gratis ongkir, cashback, dan fitur live chat. 

12.Matahari 

Aplikasi matahari menduduki posisi ke 12 sebagai aplikasi marketplace yang sering dikunjungi oleh konsumen. Matahari menawarkan beberapa jenis produk seperti produk pakaian, kecantikan, dan sepatu yang berkualitas. Itulah 12 jenis aplikasi marketplace yang paling laris yang ada di Indonesia, dengan adanya aplikasi-aplikasi marketplace tersebut maka pembisnis bisa berjualan dan memanfaatkan semaksimal mungkin untuk bisa meningkatkan daya beli pelanggan terhadap barang yang dijual. 

Penulis : Yuliana 

Asal instansi : Universitas Pamulang 

Program Studi : Manajemen S1

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun