Merencanakan sebuah event terasa sangat sulit bagi pemula. Kamu harus mempersiapkan konsep event dan acara sebelum berlangsung, memilih guest star yang berpotensi, pemilihan tempat, dan banyak lagi. Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi penyelenggara adalah menanggung semua biaya yang terkait dengan penyelenggaraan acara serta mampu menemukan cara mencari sponsor untuk kelancaran event.
Meskipun event yang dilaksanakan biasanya melakukan tarif biaya untuk tiket masuk yang merupakan bagian terbesar dari pendapatan acara, biaya tersebut seringkali muncul di tahap selanjutnya, setelah sebagian besar biaya penyelenggaraan telah dikeluarkan. Di sinilah pentingnya mendapatkan sponsor. Sponsor tersebut menyediakan dana awal untuk menutupi biaya dan mengurangi risiko finansial.
Selanjutnya kita akan mengetahui langkah -- langkah yang harus dilakukan saat mencari sponsor:
1. Identifikasi sponsor yang potensial.
Dalam mencari sponsor event, pertama -- tama yang harus kamu lakukan adalah mengidentifikasi sponsor yang potensial untuk event kamu. Langkah ini dapat kamu mulai dengan bertukar pikiran dengan panitia penyelenggara lainnya untuk mendapatkan opsi -- opsi sponsor potensial.
Kamu juga dapat meneliti event -- event yang serupa dengan event yang akan kamu selenggarakan, sponsor apa saja yang mensponsori event tersebut dan jelajahi industri terkait yang relevan dengan tema event kamu. Langkah ini akan membantu kamu menyusun daftar sponsor potensial.
2. Memanfaatkan Koneksi Pribadi
Dalam mencari sponsor event, kamu juga dapat memanfaatkan koneksi pribadi dan profesional untuk mendapatkan sponsor. Kamu dapat menanyakan dan meninjau daftar sponsor dari teman panitia event lainnya untuk menambah daftar sponsor potensial di event kamu.
Kamu bisa juga menggunakan platform seperti LinkedIn untuk menjalin koneksi dengan panitia -- panitia event yang sudah berpengalaman dan menjalin koneksi untuk dapat berdiskusi terkait mencari sponsor potensial. Rekomendasi dari koneksi pribadi atau profesional pastinya akan membantu secara signifikan dalam meningkatkan peluang mendapatkan sponsor.
3. Tentukan Tingkat Sponsorship