Bukan proposal yang super bagus satu -- satunya cara mencari sponsor. Tentu proposal kegiatan dan pengajuan sponsor itu penting. Namun, berhasilnya cara mencari sponsor harus didukung oleh berbagai faktor, yaitu salah satunya dengan memahami sudut pandang calon sponsor salah satunya tentang apa sih yang mereka inginkan dari kontribusi mereka di acara kamu. Ini yang harus kamu pelajari.Â
Setiap sponsor pasti punya intensi atau keinginan sendiri ketika mensponsori sebuah acara. Akan tetapi, setidaknya tiga hal ini diinginkan oleh sponsor yang kamu harus perhatikan sebagai cara mencari sponsor.
1. Memahami Keinginan Calon Sponsor
Memahami sudut pandang calon sponsor adalah salah satu cara mencari sponsor. Untuk mendapatkan sponsor, kita harus membuat calon sponsor terpikat dengan penawaran yang kita berikan. Hal ini dapat dicapai dengan memahami apa yang calon sponsor inginkan saat mencari mitra untuk mempromosikan produknya dan tujuan sponsor mau menjadi sponsor sebuah acara. Pastinya dengan berbagai tujuan, diantaranya meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan produk, mengenalkan produk baru dan lain sebagainya. Akan menjadi mudah bagi panitia event jika mampu mengkategorikan tujuan calon sponsor karena pada dasarnya perusahaan manapun akan memberikan sponsor untuk event yang sesuai dengan kebutuhan pemasarannya. Dengan memahami tujuan calon sponsor, kita dapat menyesuaikan penawaran yang tidak bisa ditolak oleh calon sponsor.
2. Investasi yang Menguntungkan
Cara mencari sponsor terbaik selanjutnya untuk membuktikan acara kamu sesuai dengan tujuan calon sponsor adalah dengan memberikan nilai acara melalui data. Jika kamu pernah menyelenggarakan acara serupa di masa lalu, akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan data yang dapat diandalkan daripada jika kamu baru pertama kali menyelenggarakan acara. Misalnya, calon sponsor ingin mengetahui berapa banyak tiket yang akan kamu jual untuk mengetahui seberapa besar audiens yang akan disambangi merek mereka melalui sponsorship. Mereka juga ingin memahami demografi peserta yang kamu harapkan. Kamu dapat memperoleh informasi ini dari catatan kehadiran acara sebelumnya dan survei peserta sebelumnya yang telah kamu lakukan. Jika ini adalah acara pertama kamu, kamu dapat memberikan angka yang diharapkan berdasarkan acara serupa.
Data paparan merek tambahan di luar jumlah pembeli tiket dan acara aktual juga berguna. Data ini akan menakar dan mengukur seberapa sesuai acara kamu dengan keinginan calon sponsor. Misalnya, jika kamu akan mempromosikan sponsor melalui saluran media sosial acara dan melalui upaya penjangkauan influencer bold, sertakan detail tentang kapan, di mana, dan seberapa sering sponsor akan disebutkan serta jangkauan langsung (jumlah pengikut akun media sosial kamu) dan jangkauan yang mencakup (audiens penuh yang terpapar pada kiriman kamu melalui berbagi sosial) dari upaya tersebut. Sekali lagi, kamu dapat menarik ini dari laporan acara sebelumnya atau memproyeksikannya.
Data memberikan bukti bahwa investasi perusahaan dalam acara kamu akan memberikan hasil yang menguntungkan. Dengan kata lain, memberikan data adalah cara mencari sponsor dengan menawarkan bukti nyata tentang nilai investasi yang sebenarnya, jadi kumpulkan dan gunakan pengalaman event kamu untuk mendapatkan sponsor.
3. Audience yang Sesuai dengan Target Pasar Calon Sponsor
Saat kamu mencari sponsor, ada keuntungan yang kamu ingin dapatkan, yaitu dana yang diperlukan untuk menggelar acara. Di sisi lain, sponsor juga tidak mau mengeluarkan dana begitu saja. Ada keuntungan yang ingin calon sponsor dapatkan.Â