Komunitas anak muda ternyata tidak hanya sekadar menjadi wadah perkumpulan anak-anak muda dengan berbagai event komunitasnya, loh. Tetapi di balik itu semua, ada kegiatan yang bisa menghasilkan cuan.
Apa sih yang terbesit dalam pikiran kalian saat mendengar tentang komunitas anak muda? Sudah pasti yang terbayang dalam pikiran kita bahwa adalah kegiatan-kegiatan yang bisa mengasah skill, entah itu tentang leadership, teamwork, atau public speaking. Karena biasanya komunitas anak muda diisi dengan kegiatan-kegiatan yang lebih banyak mengharuskan orang-orang di dalamnya untuk aktif berbicara dan bekerjasama.
Komunitas anak muda juga tidak jarang harus membutuhkan biaya dalam setiap event yang dijalankan, dan biaya tersebut biasanya hasil dari penggalangan dana dadakan dari anggota komunitasnya sendiri, atau dari kas komunitas yang sudah ada.
Jika dilihat-lihat, terkadang berkomunitas itu lebih banyak mengeluarkan biaya daripada menghasilkan, ya? Lalu, bagaimana sih cara agar tetap menghasilkan cuan dari berkomunitas? Ini dia tipsnya!
Branding Komunitas
Mengapa branding ditempatkan pada urutan pertama? Karena hal pertama yang penting dan harus dibangun oleh sebuah komunitas adalah sebuah branding. Branding yang baik akan membawa nilai positif dari komunitas tersebut sehingga dikenal sebagai komunitas yang pantas untuk diikuti.Â
Branding yang bisa dilakukan di dalam sebuah komunitas salah satunya dengan mengasah skill para anggotanya, entah itu skill public speaking, leadership, atau teamwork.Â
Maka dari itu, salah satu fungsi komunitas adalah sebagai wadah untuk menampung keinginan anggotanya untuk belajar. Dengan demikian komunitas akan berisikan anggota yang berkualitas. Pada akhirnya, komunitas tersebut akan dikenal dengan sebuah komunitas yang baik.
Event Sponsorship
Setelah branding, hal yang juga tidak kalah penting adalah mencari event sponsorship. Sponsorship adalah kerja sama dengan suatu perusahaan/lembaga lain dengan tujuan saling menguntungkan yang nantinya suatu perusahaan/lembaga tersebut sepakat untuk membiayai salah satu event komunitas. Komunitas pun membantu pemasaran produk yang dimiliki perusahaan/lembaga tersebut melalui kegiatan yang dilaksanakan.Â