Pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung di Indonesia, berdampak pada masyarakat khususnya dalam bidang ekonomi terutama usaha mikro kecil menengah (UMKM). Pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan di masa ini, agar UMKM tersebut tetap dapat berjalan dan mendapat penghasilan. Pengetahuan pelaku UMKM mengenai pemasaran melalui online seperti shopee sangat dibutuhkan. Namun masih banyak pelaku UMKM yang masih gaptek atau tidak tau bagaimana cara memasarkan usahaya melalaui pemasaran online.Â
Seperti di desa Oro-oro Ombo, Kota Batu yang terdapat UMKM roti. Bapak Bambang selaku pelaku usaha UMKM menceritakan bagaimana dampak pandemi terhadap usaha rotinya. Beliau mengeluhkan penurunan pendapatan karena kurangnya permintaan atau pesanan. Pak Bambang sudah merintis usaha rotinya sejak 0 dan mempresentasikan hasil rotinya langsung ke hotel atau cafe.Â
Produk hasil roti yang di hasilkan umkm ini hanya fokus sebagai produsen ke cafe atau hotel yang nantinya oleh pihak cafe dan hotel akan diolah kembali menjadi sandwich, toast, buger atau makanan olahan lainnya. Tapi, di masa pandemi ini banyak cafe dan hotel yang tutup atau jumlah pengunjung yang menurun. Hal ini berdampak pada jumlah pesanan roti karena pihak hotel dan cafe mengurangi persediaan roti.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H