Mohon tunggu...
Yulia Dwi Rahmawati
Yulia Dwi Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswi Administrasi Publik Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi Layanan Pengaduan dan Aspirasi melalui Lapor Hendi kepada Ibu-Ibu PKK RW 02 Kelurahan Bojongsalaman oleh Mahasiswi KKN TIM II Universitas Diponegoro

12 Agustus 2022   14:40 Diperbarui: 12 Agustus 2022   14:48 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam layanan pengaduan, peran partisipasi masyarakat sangat penting. Baik buruknya layanan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Semarang berpengaruh terhadap citra dan kepercayaan  Pemerintah. Pemerintah Kota Semarang membuat inovasi layanan pengaduan yaitu Lapor Hendi. Dasar layanan Lapor Hendi adalah melalui Peraturan Walikota No. 34 Tahun 2017 tentang pedoman pengelolaan pengaduan masyarakat tentang pelayanan publik.

Lapor Hendi merupakan layanan publik yang berbasis online untuk menyampaikan pengaduan, aspirasi, dan berkomunikasi langsung dengan Pemerintah Kota Semarang. Data pengaduan dan aspirasi dari masyarakat digunakan sebagai bahan evaluasi dan monitoring perencanaan pembangunan agar Kota Semarang menjadi lebih baik. 

Setiap laporan baik pengaduan maupun aspirasi yang masuk maka akan diproses oleh admin dengan cara mendisposisikannya kepada instansi/lembaga pemerintah terkait. Adapun contoh aduan yang dapat dilaporkan ke Lapor Hendi adalah laporan sampah menumpuk, jalan berlubang, genangan air, selokan tersumbat, lampu jalan mati, dsb.

Inovasi ini menjadi sarana untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik melalui peran aktif masyarakat Kota Semarang. Oleh karena itu, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, Yulia Dwi Rahmawati yang tergabung dalam KKN TIM II Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi layanan pengaduan melalui Lapor Hendi kepada Ibu-Ibu PKK di Kelurahan Bojongsalaman. 

Sosialisasi  Lapor Hendi dilakukan pada tanggal 6 Agustus 2022 dengan memberikan penjelasan mengenai Lapor Hendi dan pembagian leaflet tentang bagaimana cara melakukan pengaduan dan pemberian aspirasai melaui Lapor Hendi. Dengan adanya partisipasi aktif dari masyarakat Bojongsalaman dan masyarakat Kota Semarang lainnya dalam melakukan pengawasan maka dapat meningkatnya kualitas pelayanan publik dan Kota Semarang yang lebih baik.

dokpri
dokpri

Penulis             : Yulia Dwi Rahmawati (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2019)

NIM                : 14020119120016

DPL                : Marwini, S.HI., Lc., M.Si.

Lokasi             : Kel. Bojongsalaman, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun